Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Inspiratif dari Pengusaha Kaya Nadiem Makarim


Tambnas Edukasi - Nadiem Makarim merupakan salah satu pengusaha startup sukses di Indonesia. Nadiem berhasil merintis perusahaan ternama di Indonesia, yaitu Gojek sebagai perusahaan teknologi jasa transportasi terbesar saat ini.

Nadiem Anwar Makarim lahir di Singapura pada 4 Juli 1984. Perjalanan pendidikan Nadiem dimulai dari menimba ilmu di Jakarta hingga menamatkan pendidikan SMA di Singapura. Setelah itu Nadiem melanjutkan pendidikannya ke Brown University, Amerika Serikat jurusan International Relations.

Nadiem memperoleh gelar Master Business of Administration ketika ia menyelesaikan studi nya di Harvard University. Dari gelar pendidikan yang didapatnya, Nadiem memulai karirnya dengan bekerja di Mckinsey & Company, Jakarta selama tiga tahun. Setelah keluar, Nadiem menjadi Co- Founder sekaligus Managing Editor di Zalora Indonesia dan tercatat ia juga sempat melanjutkan pekerjaannya sebagai Chief Innovation Officer Kartuku.

Saat masih menjadi karyawan, Nadiem seringkali menggunakan jasa ojek setiap kali berangkat dan pulang kerja. Sayangnya tidak jarang Nadiem mengalami kesusahan mencari tukang ojek di saat tertentu. Selain itu, ia juga sering mendengar kisah tukang ojek yang sulit menemukan penumpang. Dari sini Nadiem mempunyai ide untk mulai membangun fasilitas pendukung berbasis teknologi yang mampu menjembatani antara tukang ojek dengan pelanggan.

Awal mulai berdirinya Gojek pada tahun 2011 dengan sistem call center dimana ketika penumpang membutuhkan ojek maka yang dihubungi call center dan call center langsung memberikan informasi kepada driver ojek. Lambat laun, peminat Gojek semakin meningkat dengan melebarnya jasa Gojek yang ditawarkan, seperti jasa pengantaran barang dan makanan, belanja, kebersihan, dan lainnya.

Setelah mendapatkan suntikan dana yang cukup besar pada tahun 2014 dari Northstar Group, Redmart Limited, dan Zimplistic Pte Ltd, Nadiem pun memutuskan untuk membuat aplikasi mobile agar lebih memudahkan pengguna untuk komunikasi dengan driver.

Pada tahun 2015 nama Gojek semakin familiar dan bahkan bisa ditemui di hampir seluruh kota di Indonesia. Sekarang, Gojek dikenal sebagai perusahaan teknologi jasa transportasi terbesar di Indonesia.


Post a Comment for "Kisah Inspiratif dari Pengusaha Kaya Nadiem Makarim"