Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Dari Pengawas Di Pertambangan


Tambnas Mining - Seorang pengawas adalah penghubung antara pihak manajemen dengan para operator/pekerja yang melakukan tugas produksi di lapangan, maka pengawas harus menyadari fungsinya dan harus mampu menggerakkan para operator/pekerja menuju tujuan perusahaan sesuai dengan kebijaksanaan perusahaan.

Secara umum kebijaksanaan perusahaan adalah bekerja seefektif dan seefisien mungkin untuk dapat menghasilkan produksi yang tinggi namun tetap aman. Oleh karena itu pengawas adalah seseorang pemimpin pada lini bawah yang bertanggung jawab atas dilaksanakannnya dan ditataatinya peraturan perundangundangan keselamtan dan kesehatan kerja pada suatu tempat kerja di wilayah kegiatan usaha pertambangan yang menjadi tanggung jawabnya.

Alasan mengapa pengawas merupakan kunci dalam pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja adalah :
  • Pengawas selalu berada di tempat kerja dan sangat mengetahui keadaan di lapangan
  • Sangat mengetahui sifat dan kemampuan bawahan
  • Memiliki paling banyak kesempatan untuk menghilangkan kondisi yang tidak aman
  • Memiliki paling banyak kesempatan untuk menghilangkan tingkah laku yang tidak baik dari segi keselamatan dan kesehatan kerja
  • Mengetahui kasus kecelakaan atau kejadian berbahaya yang pernah terjadi sebelumnya di tempat kerja tersebut
  • Mengetahui metode kerja untuk menjaga keselamtan dan kesehatan kerja
  • Bertanggung jawab akan jaminan keselamatan dan kesehatan kerja bawahannya.
Untuk itu, usaha menjaga keselamatan dan kesehatan kerja bagi seorang pengawas tidak harus merupakan pekerjaan yang tidak berkaitan dengan tugas pokok tetapi harus terpadu dengan tugas pokok. Dengan demikian keselamatan kerja dapat meningkatkan efisiensi kerja, mengurangi kehilangan-kehilangan kerugian yang diakibatkan oleh biaya yang timbul karena adanya kecelakaan, pada akhirnya secara global dapat meningkatkan keuntungan.

Post a Comment for "Penjelasan Dari Pengawas Di Pertambangan"