Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Komponen Undercarriage Secara Rinci



Tambnas Edukasi - Track frame merupakan tulang punggung dari undrcarriage, sebagai tempat kedudukan komponen undercarriage. Pada setiap crawler tractor terdapat 2 buah track frame yang dipasang pada bagian kiri dan kanan unit. 

Track frame merupakan gabungan baja yang dibentuk menyerupai kotak (box) yang disusun saling menyilang dan dirakit dengan plat baja yang dilas. Track frame khusus dirancang agar mampu melawan beban kejut baik dalam kondisi kerja ringan maupun berat. Berdasarkan cara pengikatannya (mounting) ke main frame, track frame diklasifikasikan menjadi beberapa tipe, yaitu tipe rigid mounting dan tipe pivot mounting.

Track roller yang terdapat pada sebuah undercarriage berfungsi sebagai pembagi berat unit ke track dan sebagai pengarah track link, bukan untuk menggulung track. 

Carrier roller merupakan salah satu komponen undercarriage yang berfungsi untuk menahan gulungan bagian dari track shoe assembly agar tidak melentur ke bawah dan menjaga kelurusan antara track shoe assembly dengan idler.

Front Idler dipasang pada bagian depan dari track frame yang berfungsi sebagai pengarah track link assembly dan peredam kejut. Pada bagian dalam dari idler dilengkapi dengan bushing dan shaft serta oli yang berfungsi sebagai pelumas. 

Recoil spring yang terdapat pada komponen undercarriage berfungsi untuk kejutan yang berasal dari front idler, sehingga hal ini akan dapat memperpanjang umur komponen dan menambah kenyamanan operator dalam mengoperasikan alat. Sedangkan track adjuster berfungsi agar kondisi kekencangan track shoe assembly tetap terjaga.

Sprocket berfungsi untuk meneruskan tenaga gerak ke track melalui bushing dan merubah putaran menjadi gulungan pada track agar unit dapat bergerak.

Track link berfungsi sebagai merubah gerakan putar menjadi gulungan dan empat tumpuan dari track roller sehingga memungkinkan unit dapat berjalan.

Track shoe berfungsi untuk menimbulkan traksi dan kemudahan dalam bermanuver pada sebuah crawler tractors.

Guard berfungsi untuk melindungi komponen-komponen undercariage dari kerusakan yang diakibatkan oleh gesekan atau benturan dari luar, seperti kayu, batu, dan material keras lainnya.  

Post a Comment for "Penjelasan Komponen Undercarriage Secara Rinci"