Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Measurement Tools


Tambnas Edukasi - Komponen-komponen pada cylinder, pompa dan motor hydraulic senantiasa bergesekan saat bergerak, yang mengakibatkan keausan pada komponen-komponen terkait. Semakin besar keausan yang terjadi mengakibatkan komponen tidak bekerja secara normal, dengan kata lain tidak dapat mencapai performa terbaiknya.

Oleh karena itu harus dilakukan pengukuran saat melakukan overhaul, sehingga component hydraulic tersebut yang telah di overhaul akan kembali pada performa maksimal. Dalam hal pengukuran terdapat beberapa istilah sebagai berikut:

Standard size
  • Merupakan ukuran yang digunakan sebagai patokan sebuah part yang diindikasikan oleh prinsiple.
Tolerance
  • Merupakan penyimpangan ukuran terhadap ukuran standar yang masih dapat diterima dalam pengukuran.
Standard clearance
  • Merupakan ukuran celah sebagai patokan dalam melakukan assembly atau perakitan dari beberapa part, sebagai contoh celah antara shaft dengan lubangnya yang dibuat agar shaft dapat berputar dengan bebas.
Standard interference
  • Merupakan perbedaan ukuran sebuah lubang antara ukuran Standard terhadap ukuran toleransi, dimana toleransi yang diberikan lebih kecil dari ukuran standard. Dengan demikian shaft yang terpasang pada lubang ini tidak dapat berputar atau press fit terhadap lubangnya.
Repair limit
  • Merupakan batas ukuran sebuah part yang mengalami perubahan ukuran akibat perubahan bentuk atau keausan. Jika sebuah part telah mencapai ukuran repair limitnya maka part tersebut harus diganti atau diperbaiki.
Clearance limit
  • Merupakan celah maksimum yang diperbolehkan sebuah part untuk tetap digunakan. Jika celah sudah melebihi batasnya maka komponen terkait harus diganti atau diperbaiki.
Interference limit
  • Merupakan batas maksimum dari perbedaan ukuran yang masih dibolehkan untuk tetap digunakan. Jika interferensi ukuran telah mencapai batasnya, maka part bersangkutan harus diperbaiki atau diganti.

Post a Comment for "Penjelasan Measurement Tools"