Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Persiapan Sebelum Melakukan Overhaul


Tambnas Edukasi - Untuk menghasilkan kualitas overhaul yang baik dan kemungkinan kecil adanya Redo, persiapan sebelum dan pada proses overhaul sangatlah mendukung keberhasilan proses kerja overhaul.

Tanpa adanya persiapan yang matang dan sistematis dipastikan hasil overhaul tidak akan mencapai hasil yang seperti diharapkan secara life time dan Re-Do kemungkinan terjadi.

Beberapa hal yang perlu disiapkan dalam pekerjaan overhaul antara lain :

  • Data Component
    Data detail component atau mechine untuk mempersiapkan Shopmanual, Partbook dan data pendukung yang sesuai dan nilai-nilai (value) adjusting yang tepat.
  • Common Tools
    Tools yang harus dimiliki setiap mekanik dalam melakukan pekerjaan, seperti : Open end wrench, Socket, Pliers, adjustable wrench, dan sebagainya.
  • Special Tools
    Tools special diluar common tools yang wajib ada saat melaksanakan pekerjaan dis-assembly ataupun assembly, seperti : puller, spring pusher, tracker, Torque Wrench dan sebagainya. Biasanya special tools ini telah disiapkan oleh factory sesuai product masing-masing. 
  • Measurement Tools
    Tools yang disiapkan untuk memperoleh data pemeriksaan atau pengukuran agar didapat hasil pengukuran yang akurat dan dapat dipercaya untuk mengambil keputusan. Seperti : vernier caliper, micrometer, dial gauge, dan sebagainya. 
  • Document
    Document pendukung seperti JSS, QA sheet, Reusable part, shopmanual, partbook, Part service News, yang mendukung untuk pekerjaan overhaul.
  • Consumable Goods
    Part atau barang yang mendukung saat proses overhaul, seperti washing detergen, oli pembersih, coating material, grease, majun, dan sebagainya untuk mendukung kelancaran pekerjaan overhaul.

Post a Comment for "Penjelasan Persiapan Sebelum Melakukan Overhaul"