Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Secara Rinci Tentang Bulldozer

Tambnas Edukasi - Bulldozer merupakan sebuah traktor rantai atau crawler tractor yang berguna untuk pekerjaan menggali, menggusur, mendorong tanah atau material dan menarik log atau portable camp yang dapat dioperasikan di medan berbatu, berbukit, maupun tanah lumpur pada berbagai sektor pekerjaan seperti pertambangan, konstruksi, logging, Hutan Tanaman Industri dan perkebunan. Bulldozer dapat melakukan pemindahan tanah yang efektif sejauh 100 meter dengan cara estafet.

Perlengkapan kerja bulldozer menggunakan attachment seperti blade, ripper, bucket, dan towing winch. Untuk perlengkapan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut

Blade merupakan salah satu perlengkapan kerja yang tersedia pada sebuah Bulldozer yang berfungsi untuk mendorong, meratakan dan memotong material. Blade terletak di bagian depan sebuah Bulldozer berupa pelat baja yang dapat digerakkan secara hidrolik.

Ripper merupakan peralatan yang berbentuk taji yang terpasang pada bagian belakang dari sebuah Bulldozer yang berfungsi untuk memecah batu atau material tanah yang keras menjadi bongkahan-bongkahan kecil sehingga memudahkan untuk digusur.

Bucket merupakan perlengkapan kerja pada alat berat yang digunakan salah satunya pada Dozer Shovel. Fungsi utama bucket pada dozer shovel adalah untuk menggali dan memuat material tanah, batu, kayu dan lain-lain. Selain digunakan untuk dumping, bucket dapat dimiringkan kesalah satu sisi tanpa memutar alat, sehingga dapat memperkecil cycle time yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas alat.

Towing winch merupakan gulungan kawat baja yang diletakkan pada bagian belakang bulldozer yang berfungsi sebgai alat untuk menarik kayu, mesin, portable camp, dan lain-lain.

Post a Comment for "Penjelasan Secara Rinci Tentang Bulldozer"