Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Tentang Differential Component


Tambnas Edukasi - Differential terdiri dari dua buah bagian besar yaitu final gear yang terdiri dari perkaitan antara drive pinion gear dengan ring gear, yang fungsinya untuk memperbesar momen putar dan merubah arah putaran sebesar 90°.

Differential gear yang terdiri dari perkaitan antara roda gigi-roda gigi pinion gear dengan side gear, yang berfungsi untuk membedakan putaran roda kiri dan kanan saat kendaraan membelok.

Tujuan dari differential adalah secara otomatis menyerap perbedaan kecepatan antara roda kiri dan kanan pada kondisi saat unit berada ditanjakan atau jalan yang jelek. Sehingga roda bisa berputar secara perlahan. Saat unit bergerak lurus, differential gear memutar roda kiri dan kanan pada kecepatan yang sama. Saat unit berbelok, differential gear secara automatis membuat roda sisi luar berputar lebih cepat dibandingkan dengan roda sisi dalam. Sehingga memungkinkan roda berputar secara perlahan tanpa mengalami skidding.

Setelah kecepatan dikurangi dan torque ditambah oleh transmisi setelah melewati propeller shaft tenaga akan digunakan untuk memutar roda, saat awal unit bergerak tidak diperlukan kecepatan tetapi torque yang besar Karena itu untuk menambah torque dari output transmisi lagi gear reduksi yang dinamakan final gear. Selain itu final gear berfungsi untuk merubah arah tenaga dari propeller shaft ke roda kanan dan kiri, oleh karena itu umumnya digunakan kombinasi bevel gear.

  • Membedakan putaran roda kiri dan kanan pada saat kendaraan membelok
  • Mereduksi putaran untuk menghasilkan momen yang besar
  • Merubah arah putaran sebesar 90º terhadap putaran asal

Post a Comment for "Penjelasan Tentang Differential Component"