Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration

Penjelasan Tentang Sistem Suspensi Pada Unit

Tambnas Edukasi - Fungsi utama dari sistem suspensi adalah mendukung berat unit melawan permukaan jalan, selain Itu juga melindungi transmisi dari getaran vertikal roda ke badan unit. Ada juga sistem suspensi yang mempunyai perlengkapan untuk buffer. Ketika kendaraan melewati jalan yang rusak atau ada gundukan pada kecepatan tinggi pengendara dan penumpang merasakan ada beban kejut dari permukaan jalan. Suspensi akan melindungi komponen dari kerusakan, menjaga kenyamanan supir dan penumpang serta muatan tidak ikut rusak. 

Kebanyakan sistem suspensi pada unit yang menggunakan spring maka akan membentuk sistem penahan getaran terhadap gaya luar yang tidak beraturan dari permukaan jalan. Hal seperti ini tingkat penyerapan beban kejut dan karakteristik getaran tergantung dari metode suspensi pada unit yang terdiri dari tipe spring, mekanismenya, struktur dan susunan axle baik yang menggunakan shock absorber atau tidak.

Fungsi suspensi secara umum adalah sebagai berikut:

  • Pendukung berat dari unit 
  • Menyangga getaran vertikal roda dari unit yang disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak rata, melindungi kabin, pengemudi dan muatan.
  • Meningkatkan kestabilan dalam mengemudikan unit.
  • Meneruskan beban yang ditimbulkan akibat gaya mengemudi dan gaya pengereman unit, sebagaimana halnya yang terjadi pada saat unit berbelok.

Post a Comment for "Penjelasan Tentang Sistem Suspensi Pada Unit"

Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration