Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prinsip Dasar Pendinginan Pada Unit Alat Berat


Tambnas Heavy Equipment - Pasti diantara kalian semua pernah mempunyai pengalaman terasa dingin ketika angin bertiup atau ketika menyiram cairan pada kulit. Perasaan ini muncul karena air mempunyai kemampuan untuk menyerap panas dari sekeliling ketika menguap dan berubah menjadi gas.

Cairan ketika diberikan panas maka akan berubah menjadi gas biasanya ini dinamakan oleh evaporation latent heat. Dalam sebuah pendingin, freon 134 (R134a) digunakan untuk menggantikan alkohol. Jadi Ketika cairan freon R134a berubah menjadi gas, maka ia akan mengambil panas yang tersembunyi dari sekelilingnya. Biar bagaimanapun jika ini dibiarkan berubah sebagai gas maka tidak akan ekonomis. 

Zat cair yang berubah menjadi cairan dan selanjutnya akan berubah menjadi gas untuk mendinginkan daerah sekelilingnya dinamakan refrigerant atau bahan pendingin. Peralatan ini menggunakan suatu metoda yang berfungsi untuk mengumpulkan gas dan mengembalikanya lagi ke bentuk cair sebelum menguapkanya.

Jadi kesimpulannya dari prinsip pendinginan ialah sebagai berikut
  • Tidak ada proses menghasilkan dingin, tetapi hanya melepaskan panas. 
  • Panas selalu bergerak ke temperature yang lebih dingin. Maka, Selama ada perbedaan temperature maka, perpindahan panas akan terjadi.
  • Ketika zat cair dipanaskan dan diuapkan, gas akan menyerap panas tanpa merubah tekanan. 
  • Kebalikan dari proses ini, panas yang berubah menjadi uap air akan menjadi air lagi. 
  • Panas yang dipengaruhi karena pergerakan udara akan menjadi dingin. 
  • Bila uap air berada dalam udara yang dingin, maka akan terjadi proses kondensasi.

Post a Comment for "Prinsip Dasar Pendinginan Pada Unit Alat Berat"