Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Awal Perkembangan Teknologi Luar Angkasa


Tambnas Edukasi - Teknologi luar angkasa telah berkembang sejak Perang Dingin tahun 1947-1991. Masa Perang Dingin muncul politik Balance of Power atau keseimbangan kekuatan. Dalam politik Balance of Power, Amerika Serikat dan Uni Soviet saling bersaing dalam bidang teknologi militer dan ruang angkasa untuk menunjukkan kekuatannya pada dunia. Dalam politik Balance of Power, dikenal pula istilah space race atau perlombaan kecanggihan teknologi luar angkasa.

Seiring berkembangnya teknologi, muncullah perlombaan teknologi luar angkasa antara Amerika Serikat dan Uni Soviet yang merupakan titik awal dalam sejarah perkembangan teknologi luar angkasa di dunia. Pada perkembangannya, Amerika Serikat mampu mengungguli Uni Soviet dengan mencetuskan program Apollo 11. Dilansir dari situs resmi NASA, program Apollo 11 bertujuan untuk mendaratkan manusia pertama ke Bulan.

Perkembangan dari teknologi luar angkasa memiliki dampak yang sangat mempengaruhi bagi peradaban umat manusia. Untuk dampak positifnya seperti memajukan ilmu informasi dan komunikasi dengan penggunaan satelit komunikasi dan ilmu astronomi.

Sedangkan dampak negatifnya yaitu munculnya space junk atau sampah luar angkasa yang berasal dari eksplorasi antariksa Amerika Serikat dan Uni Soviet yang menggunakan kecanggihan teknologi luar angkasa sebagai alat politik untuk menanamkan pengaruh di negara-negara internasional.

Post a Comment for "Sejarah Awal Perkembangan Teknologi Luar Angkasa"