Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration

Cara Mengatasi HP Yang Basah



Tambnas Teknologi - Secara umum, ketika hp anda basah maka diharapkan jangan panik. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan:

Meskipun membongkar ponsel sepenuhnya akan membantunya mengering dengan lebih efektif, tapi hal itu akan membatalkan garansi Anda. Biasanya memerlukan alat khusus dan dapat membahayakan ponsel Anda jika Anda tidak berhati-hati, jadi tidak direkomendasikan.

Hal yang harus dilakukan adalah segera ambil dan amankan smartphone Anda jika terjatuh di genangan air atau basah karena hujan. Karena jika terlalu lama dibiarkan, akan meningkatkan risiko kerusakan.

Kemudian, tahan keinginan Anda untuk memeriksa apakah masih berfungsi atau menekan tombol apa pun. Karena menekan tombol dapat menggeser cairan lebih jauh ke dalam perangkat. 

Dalam semua kasus, hal terbaik yang harus dilakukan adalah segera mencabut baterai sehingga meminimalkan daya ke perangkat yang dapat menyebabkan korsleting. 

Jika Anda memiliki smartphone dengan baterai yang tidak dapat dilepas, Anda harus mengambil risiko menekan beberapa tombol untuk memeriksa apakah masih aktif dan segera mematikannya jika aktif. Namun, berhati-hatilah saat menangani ponsel dalam kasus ini.

Selanjutnya, lepaskan bagian apa pun di ponsel Anda yang bisa dilepas, seperti casing. Cabut kartu SIM dan SD card, biarkan port atau penutup di ponsel Anda terbuka untuk membantu ventilasi. 

Lalu, keringkan semuanya dengan handuk, termasuk bagian luar perangkat, dan berhati-hatilah agar air tidak masuk ke lubang di telepon. Meskipun semuanya kering, kemungkinan besar ada kelembapan laten di dalam perangkat yang ingin Anda keluarkan sebelum menyalakannya.

Perbaikan yang paling sering dilaporkan untuk ponsel yang basah kuyup adalah mengubur ponsel dalam semangkuk beras kering. Bahan pengering, seperti beras, memiliki sifat higroskopis yang dapat menarik dan menyerap kelembapan.

Anda juga dapat menggunakan kemasan gel silika—jenis yang digunakan dalam kotak sepatu—untuk efek yang lebih besar.

Cara lainnya, tempatkan ponsel Anda dalam wadah kedap udara. Biarkan selama 24-48 jam agar material menarik semua kelembaban dari ponsel Anda. Jika Anda yakin sudah kering, coba hidupkan kembali.

Jika Anda berhasil menghidupkan kembali ponsel Anda, selamat, tetapi Anda mungkin belum memenangkan perang melawan ponsel yang pasah tadi. Logam di dalam ponsel Anda yang bersentuhan dengan air dan oksigen dapat membuat karat seiring berjalannya waktu. 

Sementara pemecah masalah telepon profesional mungkin dapat menghilangkan korosi dengan menyeka sirkuit dengan alkohol gosok. Namun, sekali lagi, jangan coba ini di rumah karena dalam banyak kasus, akhirnya ponsel Anda mati dan tidak berfungsi. 

Namun, langkah tepat paling awal adalah mencegah agar ponsel tidak terkena air. Anda dapat membeli kantong berlapis silika yang tertutup rapat yang dirancang khusus antiair.

Metode jalur cepat yang diklaim untuk mengeringkan ponsel basah adalah dengan menggunakan pengering rambut, atau memberikan panas ke perangkat dengan cara lain. Meskipun ini akan berhasil menguapkan semua kelembapan yang masih ada di dalam ponsel, ini berisiko menjadi terlalu panas dan menyebabkan kerusakan pada komponen. 

Jika terjadi genangan air yang parah, uap yang dihasilkan mungkin akan mengembun lagi di bagian lain telepon. Anda mungkin lolos begitu saja, tapi tampaknya agak berbahaya, jadi rekomendasinya adalah menghindari metode ini. 

Hal yang tidak boleh dilakukan lainnya adalah memasukkan ponsel Anda ke dalam freezer, dengan dibungkus kertas untuk mencegah kerusakan. Hal ini memang akan mengurangi konduktivitas air saat mendekati suhu beku, dan akan menghentikan ponsel Anda dari korsleting saat digunakan. 

Namun, hal itu jelas bukan solusi jangka panjang, karena begitu es mulai mencair, Anda akan mendapatkan masalah yang sama. Dalam prosesnya, Anda mungkin akan mengacaukan layar ponsel Anda yang rapuh, yang sepertinya tidak layak untuk mengambil risiko untuk perbaikan jangka pendek dari efektivitas yang meragukan. 

Untuk smartphone yang terkena hujan tidak terlalu parah, Anda dapat mengeringkan ponsel secara menyeluruh di bagian luarnya saja dengan memberikan perhatian khusus pada lubang seperti jack headphone dan port USB.

Untuk masalah ini, beberapa menyarankan menusuk dengan tusuk gigi yang dibungkus dengan handuk kertas perlahan. Namun, langkah ini agak meragukan, risiko terbesarnya adalah kain yang basah akan tersangkut di dalam ponsel Anda dan mengacaukan jeroannya. 

Post a Comment for "Cara Mengatasi HP Yang Basah"

Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration