Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration

Penjelasan Referral Dalam Bisnis Online



Tambnas Teknologi - Apakah itu referral? Bagi anda yang memperhatikan dunia bisnis, pasti pernah mendengar istilah tersebut. Baiklah untuk menjawabnya, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini mengenai apa itu referral.

Pernahkah kamu mendengar istilah Referral? Mungkin buat kamu yang menjalankan bisnis, baik offline maupun online sudah tahu apa itu referral. Istilah tersebut juga sering ditemukan dalam model bisnis multi level marketing , dimana dalam MLM dikenal dengan nama lainnya yaitu downline. Bagi yang belum mengenal dan bertanya-tanya mengenai apa itu referral, yuk belajar sama-sama!

Pada dasarnya referral tersebut dapat didefinisikan secara berbeda-beda, namun kali ini yang akan dibahas adalah referral dalam bisnis online paid to click (PTC). Jadi apa itu referral? Sistem dimana kamu mengajak (refer) orang untuk mengunjungi atau mendaftar ke salah satu situs yang ditawarkan. Dalam website PTC biasanya promosi yang dilakukan bisa berupa banner atau text link dengan menggunakan kode script.

Apabila orang yang kamu ajak memutuskan untuk mendaftar lewat link referral yang kamu tawarkan, akan ada manfaat yang kamu dapatkan. Apa saja manfaatnya? Kamu akan menerima komisi dan komisi yang diberikan bisa bermacam-macam, yaitu:

Komisi Pembelian
Ketika terdapat referral anda ada yang melakukan pembelian di website PTC yang telah dia ikuti, maka anda akan mendapatkan komisi yang disesuaikan dengan jenis keanggotaannya. Nilai dari komisi yang diterima mulai dari 1% hingga 10%, tergantung dari situs PTC yang diikut. Perlu kamu ketahui jika tidak semua PTC punya perhitungan yang sama dalam memberikan komisi.

Komisi Upgrade
Saat ada referral kamu yang mengupgrade akun mereka, anda juga mendapat komisi. Namun, jumlahnya tergantung dari jenis keanggotaan anda

Komisi Klik dari Referral
Kalau komisi yang satu ini ialah yang paling disukai para member website PTC. Hal itu dikarenakan komisi yang diberikan berbeda dari komisi lainnya, dimana setiap ada referral kamu yang mengklik iklan akan mendapat uang. Akan tetapi tiap PTC menerapkan aturan yang berbeda, namun umumnya untuk mendapatkan pemasukan atau komisi dari website PTC minimal referral kamu harus mengklik 4 iklan dalam sehari.

Disamping itu ada yang harus kamu ketahui bahwa masing-masing dari situs PTC punya aturan berbeda-beda terkait komisi. Terlebih tidak semua PTC memberikan komisi kepada anggota standar atau gratisan. Maka dari itu, jika kamu menginginkan hasil yang lebih memang sebaiknya upgrade ke akun berbayar.

Jenis Referral
Setelah anda mengetahui dan  memahami apa itu referral, saat kita bahas beberapa jenis referral. Terdapat dua jenis referral dalam dunia PTC, yaitu Direct Referral (Referral Langsung) dan Rented Referral (Referral Sewa).

Selain itu, ada pula yang dimaksud dengan link referral. Apa itu? Link referral yaitu alamat website yang disediakan pemilik situs tersebut kepada anggota atau membernya. Tujuannya untuk mempromosikan link itu ke orang lain, baik itu teman atau siapapun. Selanjutnya mari kita bahas dua jenis referral yang sudah disebutkan tadi.

Rented Referral
Rented referral atau referral sewa ini merupakan seseorang yang ingin menjadi member dengan mendaftarkan diri nya di situs PTC tertentu tanpa menjadi referral orang lain. Lebih lengkapnya pemilik situs akan menyewakan referral nya terhadap para member yang ingin menyewa dengan bayaran tertentu.

Dikarenakan jenis referral ini membutuhkan biaya, maka anda diharapkan  harus berhati mengelolanya dan perlu diawasi. Ibaratkan sistem ini seperti karyawan yang dibayar agar menghasilkan uang untuk kamu. Oleh karena itu, kamu harus pandai-pandai mengelola mereka jika memang ingin menyewa referral supaya hasil yang didapat juga maksimal.

Keuntungan Jadi Referral Orang Lain
Anda bisa ikut atau menjadi referral orang lain apabila ingin mempelajarinya. Di sisi lain, ada keuntungan yang kamu dapat dengan ikut referral orang lain.
Keuntungan yang dimaksud bukan berupa uang, karena kamu sendiri sudah mendapatkan komisi begitu menjadi membernya. Akan tetapi, disini kamu bisa saling berkomunikasi atau berteman dengan orang yang menawarkan referensi. Bahkan tak menutup kemungkinan buat kamu ajak kerja sama atau saling bertukar informasi supaya sama-sama menguntungkan. Terlebih kalau referensi yang diberikan berguna untuk kamu. Apabila kamu ada kesulitan terkait PTC, kamu bisa bertanya atau meminta bantuan serta tips dari yang sudah handal.

Post a Comment for "Penjelasan Referral Dalam Bisnis Online"

Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration