Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration

Tips Sebelum Disuntik Vaksin Covid-19

Tambnas Health - Muhammad Budi Hidayat selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan ( Kemenkes) membagikan sejumlah tips sebelum menjalani vaksinasi Covid-19.

Menurutnya, tips ini merupakan panduan umum dan bisa digunakan masyarakat yang akan menjalani vaksinasi Covid-19. "Pertama, prinsipnya, kita pastikan dulu kondisi badan. Artinya kita pastikan tubuh dalam kondisi sehat," ujar Budi

Kedua, harus dipastikan tidak dalam kondisi mengantuk atau kelelahan.

Ketiga, sebelum divaksinasi sebaiknya sarapan terlebih dulu.

Keempat, hindari juga kondisi stress agar tidak memicu maag atau gejala-gejalanya," lanjut Budi. 

Kelima, apabila jadwal kerja padat dan mengharuskan begadang, maka sebelum disuntik vaksin harus tidur terlebih dulu.

Keenam, bagi perusahaan, Budi mengimbau agar memperhatikan jadwal kerja dan kondisi kesehatan karyawan sebelum pelaksanaan vaksinasi Covid-19. "Jadi perusahaan harus memperhatikan kondisi karyawan sebelum jadwal penyuntikan. Jangan sampai kelelahan atau kondisi menurun sebab jadi berpotensi risiko untuk kesehatan," ungkapnya.

Lebih lanjut Budi juga mengingatkan apabila tubuh sedang dalam kondisi tidak flu biasa, maka pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tetap harus ditunda. Alasannya, tubuh sedang dalam kondisi tidak fit akibat virus influenza. "Padahal untuk vaksinasi Covid-19, kita memerlukan tubuh yang fit sehingga antibodi bisa melawan virus," katanya. "Apabila tubuh sedang drop, lalu bagaimana antibodi akan terbentuk untuk melawan virus ?," tambahnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan, pasca-penyuntikan vaksin Covid-19 pada Jumat (26/2/2021) terdapat lima awak media yang diobservasi karena merasa keluhan efek samping pasca vaksinasi. Kemudian, saat diperiksa lebih lanjut, kelimanya diketahui tidak melakukan sarapan dan makan siang sebelum pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada Jumat. 

5 Orang Diobservasi karena Keluhan Pasca-vaksinasi Covid-19 Selain itu, mereka diketahui tidak cukup beristirahat pada malam hari sebelumnya. "Meski begitu, kelima awak media tersebut saat ini telah kembali ke rumah masing-masing dan dalam kondisi sehat," tegas Nadia. "Sehingga kami imbau awak media yang akan mendapatkan vaksinasi agar istirahat cukup dan sarapan sebelum mendatangi lokasi vaksinasi," tambahnya.

Post a Comment for "Tips Sebelum Disuntik Vaksin Covid-19"

Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration