Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memulai Bisnis Barbershop, Pahami Beberapa Tips Untuk Pengembangan

Barbershop merupakan bisnis yang berkembang, terutama di kalangan pebisnis muda. Bisnis ini terkesan sangat sederhana dan tidak banyak diketahui memiliki peluang untuk memperoleh penghasilan yang cukup banyak.

Memilih penata rambut yang andal merupakan salah satu kunci sukses dalam bisnis salon rambut. Untuk ini, pilih penata rambut dengan pengalaman dalam memotong rambut, dan pastikan bahwa pengalaman ini tidak hanya teknis tetapi juga dapat memberikan layanan yang berkualitas, penuh perhatian dan ramah, untuk memberikan solusi terbaik kepada pelanggan.

Dengan pelayanan yang sempurna, pelanggan akan terpuaskan, sehingga mereka tidak ragu untuk datang kembali atau merekomendasikan salon rambut Anda kepada teman-temannya.

Tentukan Lokasi Bisnis

Apapun bisnis Anda, lokasi bisnis Anda adalah salah satu hal penting yang perlu didefinisikan secara menyeluruh. Semakin strategis Anda memilih penempatan, semakin besar kemungkinan bisnis Anda dikenal orang. Dengan memilih lokasi yang strategis untuk salon rambut Anda, semakin mudah bagi pelanggan dan prospek untuk menemukannya. Usahakan untuk memilih penempatan berdasarkan tujuan yang Anda tentukan, misalnya jika target Anda adalah pelajar, Anda dapat memilih lokasi di sekitar kampus atau sekolah berasrama.

Buat Ruangan Senyaman Mungkin

Seringkali pengunjung tidak langsung bercukur karena harus mengantri untuk mendapatkan giliran. Menunggu merupakan salah satu hal yang dapat membuat orang marah atau bosan. Jadi usahakan buat salon rambut senyaman mungkin. Berikut salah satu cara untuk membedakan salon rambut Anda dari pesaing Anda. Coba pisahkan salon dan salon rambut. Anda dapat menggunakan kursi yang nyaman untuk mencukur rambut dan menambahkan berbagai fasilitas seperti TV, AC, WiFi, kopi mini, buku atau majalah, dll. Namun perlu diketahui, sesuaikan fasilitas Anda agar sesuai dengan tujuan yang Anda tetapkan untuk diri Anda sendiri.

Buat Paket Full Service

Beberapa orang memutuskan untuk pergi ke tempat pangkas rambut tidak hanya untuk mencukur rambut mereka, tetapi juga untuk mendapatkan layanan yang tidak tersedia di tempat pangkas rambut biasa, seperti cukur dan kumis, pewarnaan rambut, pijat rambut, dll. Jika Anda memutuskan untuk membuka salon rambut, cobalah untuk mulai memberikan layanan lengkap berdasarkan kebutuhan klien. Anda juga dapat membuat harga tetap di mana pelanggan bisa mendapatkan harga yang lebih rendah dari harga satuan.

Ikuti Tren Gaya Rambut

Inilah salah satu alasan mengapa pelanggan lebih memilih pergi ke tempat pangkas rambut daripada tempat potong rambut. Dengan terus mengikuti trend penataan rambut, klien tidak akan pernah meninggalkan salon yang sudah Anda miliki. Jadi cobalah untuk melatih secara teratur untuk penata rambut yang Anda pilih.

Jika pelatihan dirasa terlalu mahal, Anda dapat menggunakan internet untuk mencari informasi tentang tren tata rambut saat ini. Apalagi jika barbershop Anda memiliki target audiens anak muda saat ini, tentunya mengikuti tren merupakan cara untuk bersaing di antara berbagai pilihan barbershop. Dengan begitu, konsumen akan selalu merasa puas saat menggunakan jasa Anda.

Gunakan Sistem Menarik

Ada banyak cara untuk menarik pelanggan ke salon Anda. Coba mulai dengan sistem pemesanan di muka \/ reservasi. Dengan sistem reservasi, pelanggan tidak perlu mengantre terlalu lama karena semuanya sudah direncanakan sebelumnya. Sistem pemesanan yang paling sederhana bisa dilakukan dengan chat WhatsApp, jika ingin lebih mahir bisa menggunakan web design.

Belum lagi, Anda juga bisa membuat sistem voucher. Misalnya, pelanggan yang menilai salon Anda melalui media sosial dapat menerima diskon. Atau bebaskan diri Anda untuk bercukur setelah beberapa kali kunjungan. Sistem ini sering digunakan untuk menjual jasa dan menjual produk guna membangun loyalitas pelanggan. Anda dapat memberikan kertas dan prangko agar sistem dapat menghitung dengan mudah.

Ada banyak cara untuk memulai bisnis salon rambut. Ingatlah untuk memperhatikan inovasi bisnis yang Anda jalankan. Dengan inovasi, bisnis Anda akan terus berkembang sesuai dengan dunia yang terus berubah dan tentunya target pasar Anda. Setelah mengikuti beberapa tips di atas, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengembangkan bisnis salon rambut Anda.

Namun, sebelum Anda mengembangkan bisnis, Anda harus selalu mempertimbangkan keuangan Anda. Dengan cara ini, Anda dapat menemukan strategi yang lebih cocok untuk mengembangkan bisnis.

Post a Comment for "Memulai Bisnis Barbershop, Pahami Beberapa Tips Untuk Pengembangan"