Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Evaluasi Ide Sangat Penting Dalam Memulai Bisnis

Tidak ada orang yang memulai bisnis langsung berhasil, pasti mereka menemui kegagalan terlebih dahulu. Namun faktanya, menurut TechInAsia, 81% startup yang dibuat antara tahun 2007 dan 2013 gagal. Mungkin ide Anda orisinal dan bagus, tetapi jika ide Anda tidak menyelesaikan masalah di pasar, kemungkinan besar Anda tidak akan memiliki pelanggan.

Ekonom AS Theodore Levitt mengatakan orang tidak ingin membeli ekskavator, tetapi mereka menginginkan lubang. Artinya pasar Anda tidak ingin membeli produk, tetapi ingin membeli apa yang bisa ditawarkan produk tersebut. Jika produk atau layanan Anda memfasilitasi target pasar, bisnis Anda kemungkinan besar akan sukses.

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pengusaha adalah berasumsi bahwa orang akan membeli produk mereka. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memastikan bahwa akan ada cukup pembeli ataupun pelanggan untuk menjalankan bisnis Anda secara berkelanjutan.

Jika Anda memiliki gambaran yang jelas tentang pelanggan yang akan Anda temukan, maka dapat diprediksikan pasar ini akan menjadi lebih mudah.

Pertama, Anda perlu mengidentifikasi demografi ideal klien Anda, seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan rumah tangga, status perkawinan, dan apakah mereka memiliki anak atau tidak. Dari sana, melalui riset online, Anda akan dapat memperkirakan jumlah pelanggan ideal Anda yang tinggal di dekat area belanja potensial Anda.

Kedengarannya tidak berbahaya, tetapi bahkan Microsoft telah meluncurkan Windows Vista, yang memiliki banyak bug dan masalah kegunaan yang mengganggu pelanggan mereka. Oleh karena itu, sebelum Anda memasarkan produk, pastikan untuk melakukan uji kegunaan dan pastikan produk Anda mudah dipahami dan digunakan.

Dan jika Anda akan meluncurkan produk atau layanan, cobalah sendiri dan undang teman dan keluarga Anda untuk mencobanya sehingga Anda benar-benar dapat memahami apa yang akan dialami pelanggan.

Cara lain untuk menentukan apakah pelanggan membeli produk Anda adalah dengan mendapatkan pendapat langsung dari pelanggan Anda. Anda dapat menggunakan survei online atau offline, membuat grup berita Anda sendiri, atau menggunakan layanan grup berita online. 

Tanyakan orang-orang yang memiliki citra pelanggan ideal Anda tentang produk Anda. Apa yang mereka suka atau tidak suka tentang produk Anda? Akankah mereka membelinya? Apa yang ingin mereka tingkatkan tentang produk Anda? Ketika Anda yakin produk atau layanan Anda cukup baik untuk diluncurkan.

Anda perlu memastikan bahwa Anda cukup percaya diri untuk menjalankan bisnis ini. Sebagai pemilik bisnis, Anda akan menjadi pembicara utama tentang bisnis Anda dan menghabiskan banyak waktu untuk mempromosikan bisnis Anda. Survei TAB menemukan bahwa hanya satu dari lima pemilik bisnis yang bekerja kurang dari 40 jam per minggu.

Sisanya bekerja lebih dari 40 jam per minggu dan 19 persen bekerja lebih dari 60 jam per minggu. Jika Anda tidak terlalu menghargai bisnis Anda, Anda dapat dengan mudah kewalahan. Memulai bisnis memang mengasyikkan, tetapi jangan biarkan antusiasme membutakan Anda; Anda harus yakin bahwa bisnis Anda akan sukses.

Post a Comment for "Evaluasi Ide Sangat Penting Dalam Memulai Bisnis"