Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknologi Drone Dapat Mempermudah Kinerja Pada Perkebunan



Tambnas Teknologi - Perkembangan Drone yang kian pesat dengan teknologi terbaru dapat mempermudah kinerja di bidang pertanian.

Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau biasa yang disebut dengan drone membuat persaingan pasar kian menarik di dunia teknologi. Oleh karena itu, perusahaan menciptakan model bisnis dan operasi baru untuk perkembangan dari Unmanned Aerial Vehicle.

Teknologi drone sangat menjanjikan terutama di bidang pertanian dan perkebunan, di mana drone menawarkan potensi untuk mengatasi beberapa masalah di perkebunan seperti spraying yang lama dan mapping yang tidak akurat. Dengan adanya drone itu membuat penyemprotan di area perkebunan dapat dilakukan dengan sangat cepat yaitu 10 Ha/jam.

Produsen pertanian harus cepat berevolusi dan beradaptasi untuk memproduksi pangan, meningkatkan produktivitas, dan menjadikan keberlanjutan sebagai prioritas. Drone adalah bagian dari solusi, bersama dengan kolaborasi yang lebih erat antara pemerintah, pemimpin teknologi, dan industri.

Manfaat Drone Pertanian

Salah satu perusahaan Start Up di Asia Tenggara yaitu Avirtech Solutions Pte Ltd telah mengembangkan teknologi drone, sehingga dapat membantu industri pertanian ataupun perkebunan dalam perencanaan dan strategi untuk mengelola perkebunan. Berikut ini terdapat beberapa manfaat drone, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Analisis tanah
Drone dapat berperan penting pada awal siklus panen. Mereka menghasilkan peta 3-D yang tepat untuk analisis tanah, berguna dalam merencanakan pola penanaman benih. Setelah penanaman, analisis tanah yang digerakkan oleh drone menyediakan data untuk irigasi sehingga dapat mencegah terjadinya banjir di area perkebunan.

2. Penyemprotan tanaman
Drone yang dimiliki oleh Avirtech dapat menyesuaikan ketinggian sehingga dapat memindai tanah,  menyemprotkan cairan secara merata dan dapat menghindari terjadinya tabrakan. Para ahli memperkirakan bahwa penyemprotan udara yang dilakukan melalui drone memiliki kemampuan lima kali lebih cepat dibandingkan dengan mesin tradisional.

3. Pemantauan tanaman
Ladang yang luas dan efisiensi yang rendah dalam pemantauan tanaman menciptakan hambatan terbesar pada pertanian maupun perkebunan. Tanaman akan sulit berkembang jika diperburuk oleh kondisi cuaca yang tidak terduga, sehingga mendorong risiko dan biaya pemeliharaan yang cukup besar.

Dengan adanya teknologi dari Avirtech yaitu drone ini maka dapat melayani customer dalam bentuk pemantauan paling canggih sehingga memungkinkan pengelolaan tanaman yang lebih baik.

4. Irigasi
Drone dengan sensor multispektral dapat mengidentifikasi bagian bidang mana yang kering atau perlu perbaikan. Selain itu, setelah tanaman tumbuh, drone memungkinkan penghitungan indeks vegetasi, yang menggambarkan kesehatan dari suatu tanaman.

5. Penilaian kesehatan
Sangat penting untuk menilai kesehatan tanaman dan menemukan infeksi bakteri atau jamur pada pohon. Dengan memindai tanaman menggunakan teknologi dari drone maka dapat mengidentifikasi tanaman mana yang memantulkan jumlah cahaya hijau dan cahaya NIR yang berbeda.

Informasi ini dapat menghasilkan gambar multispektral yang melacak perubahan pada tanaman dan menunjukkan kesehatannya. Jika terdapat tanaman yang memiliki penyakit maka diantisipasi dengan cepat sehingga tidak menimbulkan kerusakan yang makin parah pada tanaman tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut tentang drone ataupun produk di bidang pertanian lebih detailnya mungkin dapat di check melalui website avirtech.co ataupun pada link ini. Selain menjual produk Avirtech juga sebagai perusahaan yang melayani jasa dalam pengelolaan perkebunan dan mapping.

Post a Comment for "Teknologi Drone Dapat Mempermudah Kinerja Pada Perkebunan"