Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration

Begini Cara China Mencuri Teknologi AS, Pantas saja Membuat AS Curiga Terus

 


Ada banyak cara yang dilakukan mata-mata untuk mencuri data.

Salah satunya Zheng Xiaoqing mantan pegawai General Electric Power yang menggunakan selembar foto untuk menyembunyikan informasi.

Menurut Dakwaan Departemen Kehakiman, Zheng yang merupakan warga AS, menyembunyikan dokumen rahasia yang dicuri dari GE dalam kode biner, yang tersembunyi dari foto digital matahari terbenam.

Teknik itu bernama steganografi, yaitu menyembunyikan file data di dalam kode file data yang lainnya.

Yang mana Zeng gunakan teknik itu berkali-kali untuk mengambil file sensitif dari GE. GE sendiri merupakan perusahaan multinasional yang bergerak di banyak bidang, seperti kesehatan, energi, penerbangan.

Nah, informasi yang dicuri Zheng terkait dengan desain dan pembuatan turbin gas dan uap, termasuk bilah turbin dan segel turbin.

Dimana pada akhirnya akan menguntungkan pemerintah China serta perusahaan dan universitas yang berbasis di negeri tirai bambu.

Zheng tidak sendirian, sebelumnya Xu Yanju berwarga negara China juga dijatuhi hukuman 20 tahun penjara, disebut sebagai mata mata dan merencanakan untuk mencuri rahasia dagang dari beberapa perusahaan penerbangan AS, termasuk GE. Pencurian rahasia perusahaan ini menarik karena memungkinkan negara untuk melompat ke atas rantai nilai global secara cepat.

"Baik dalam hal waktu maupun uang yang harus dikeluarkan bila mengandalkan kemampuan negara asal," kata Economist Intelligence Unit Nick Marro, mengutip BBC, Sabtu.

Direktur FBI Christopher Wray di hadapan pemimpin bisnis dan akademisi di London mengatakan, China bertujuan merampok properti intelektual perusahaan barat.

Bahkan dari perusahaan Fortune 100 sampai perusahaan perintis.

"Termasuk mereka yang fokus pada berbagai hal mulai dari aviasi hingga AI dan farmasi," katanya.

Sebagai respon pernyataan Wray saat itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan Wray telah 'menodai China' dan memiliki 'mentalitas perang dingin'.


Post a Comment for "Begini Cara China Mencuri Teknologi AS, Pantas saja Membuat AS Curiga Terus"

Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration