Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration

Hermeneutics Of Suspicion : Metode Penafsiran Kritis dalam Ilmu Humaniora dan Sastra



Hermeneutika curiga atau "hermeneutics of suspicion" adalah suatu metode penafsiran yang digunakan dalam ilmu humaniora dan sastra. Metode ini melibatkan penggunaan kecurigaan terhadap teks, ide, dan gagasan yang muncul dalam teks, sehingga dapat membantu membuka makna yang tersembunyi atau tersirat.

Metode hermeneutika curiga pertama kali dikembangkan oleh para pemikir terkenal seperti Karl Marx, Friedrich Nietzsche, dan Sigmund Freud. Mereka menemukan bahwa banyak teks yang memiliki makna yang tersembunyi, dan bahwa makna ini dapat diungkapkan melalui analisis yang skeptis dan kritis.

Karl Marx, misalnya, menggunakan hermeneutika curiga untuk membaca dan menafsirkan teks-teks ekonomi dan politik. Ia menemukan bahwa banyak teks tersebut mengandung pemikiran yang tersembunyi tentang kelas sosial dan kekuasaan, yang dapat diungkapkan melalui analisis yang skeptis.

Friedrich Nietzsche menggunakan hermeneutika curiga untuk membaca dan menafsirkan teks-teks filosofi dan agama. Ia menemukan bahwa banyak teks tersebut mengandung pemikiran yang tersembunyi tentang kekuasaan dan moralitas, yang dapat diungkapkan melalui analisis yang skeptis.

Sigmund Freud menggunakan hermeneutika curiga untuk membaca dan menafsirkan teks-teks psikoanalisis dan psikologi. Ia menemukan bahwa banyak teks tersebut mengandung pemikiran yang tersembunyi tentang psikologi bawah sadar dan konflik psikologis, yang dapat diungkapkan melalui analisis yang skeptis.

Dalam prakteknya, hermeneutika curiga dapat membantu membuka makna yang tersembunyi atau tersirat dalam teks. Metode ini dapat digunakan untuk membaca dan menafsirkan teks dari berbagai disiplin ilmu, termasuk sastra, seni, filsafat, politik, dan agama. Dengan menggunakan hermeneutika curiga, kita dapat mengembangkan pemahaman yang lebih dalam dan kritis tentang teks-teks yang kita baca dan studi.

Post a Comment for "Hermeneutics Of Suspicion : Metode Penafsiran Kritis dalam Ilmu Humaniora dan Sastra"

Tambnas Shopee Collaboration