Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration

Kualitas Bahan Bakar pada Volvo FMX440: Pemahaman terhadap Bahan Bakar Terbarukan




Volvo FMX440 adalah truk tangguh yang tidak hanya mengutamakan kinerja dan keandalan, tetapi juga peduli terhadap penggunaan bahan bakar yang ramah lingkungan. Salah satu aspek kritis yang perlu diperhatikan oleh pengguna adalah kualitas bahan bakar yang digunakan dalam mesin truk ini.

Bahan Bakar Berkualitas: FAME dan HVO

FAME, singkatan dari Fatty Acid Methyl Esters, merupakan bahan bakar terbarukan yang juga dikenal sebagai Biodiesel. Terdapat beberapa jenis FAME, seperti RME (Rapeseed oil fatty acid Methyl Ester), SME (Soya Methyl Ester or Sunflower Methyl Ester), dan PME (Palm oil Methyl Ester). FAME yang memenuhi standar EN 14214 dapat digunakan dalam mesin Volvo. EN 14214 adalah standar Eropa yang menjelaskan persyaratan kualitas dan metode pengujian untuk FAME.

Bahan bakar diesel yang dicampur dengan FAME harus mematuhi standar EN 590. EN 590 adalah standar Eropa yang menggambarkan persyaratan kualitas dan metode pengujian untuk bahan bakar diesel.

HVO, singkatan dari Hydrogenated Vegetable Oils, adalah bahan bakar sintetis yang terbuat dari bahan baku terbarukan seperti minyak nabati dan hewan. Standar EN 15940 menggambarkan persyaratan kualitas dan metode pengujian untuk bahan bakar HVO.

Tanggung Jawab Pengguna Kendaraan

Pengguna kendaraan harus memastikan bahwa bahan bakar yang digunakan memiliki kualitas yang sama dengan yang direkomendasikan oleh pabrikan dan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa bahan bakar tersebut disetujui sesuai dengan peraturan nasional. Pengguna juga bertanggung jawab untuk mendapatkan izin lokal, regional, dan/atau nasional yang diperlukan untuk penggunaan FAME.

Penting untuk dicatat bahwa penggunaan biodiesel hanya disetujui untuk mesin Euro 6 dengan varian Diesel-B. Mesin HD (Heavy Duty) yang mematuhi standar EN15940 dapat menggunakan bahan bakar XTL/HVO pada semua instalasi mesin, termasuk yang mengacu pada regulasi emisi Euro 6 tahap C, tahap D, dan tahap E.

Catatan: XTL/HVO adalah Diesel Sintetis

XTL/HVO adalah diesel sintetis yang memenuhi persyaratan standar EN15940. Penggunaan bahan bakar ini memberikan kontribusi pada upaya truk Volvo FMX440 untuk menjaga keberlanjutan dan memberikan kinerja optimal. Oleh karena itu, pemahaman dan pemilihan bahan bakar yang tepat adalah langkah krusial dalam menjaga performa dan memastikan keberlangsungan truk Volvo FMX440 di jalan raya.

Post a Comment for "Kualitas Bahan Bakar pada Volvo FMX440: Pemahaman terhadap Bahan Bakar Terbarukan"

Tambnas Shopee Collaboration