Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masih Suasana Pandemi, Produktivitas Perkembangan Teknologi Digital Meningkat

Tambnas Teknologi - Perkembangan teknologi saat ini kian meningkat, hal itu memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan model bisnis di dunia. Melihat saat ini banyak para pelaku usaha dan konsumen mulai beralih menggunakan transaksi Bisnis online. 

Berkembangnya bisnis online saat ini terlahir dari karena dampak dari pandemi COVID-19, yang memaksa pelaku usaha dan konsumen beralih dari model bisnis offline ke Bisnis online atau bisa dibilang e-commerce untuk bisa bertahan selama pandemi.

Pandemi COVID-19 membuat hampir semua penjualan beralih dari bisnis offline menjadi bisnis online atau berbasis platform digital. Sementara dalam survei global, menemukan organisasi atau pelaku usaha yang berhasil bertahan di tengah krisis umumnya telah menerapkan transformasi digital atau teknologi dalam mempercepat inovasi berbisnis.

Saat ini Transformasi digital memang menjadi hal yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis perusahaan. Bahkan sebuah studi Forbes menyebutkan sebanyak 55% perusahaan start-up telah mengadopsi strategi bisnis digital, dibandingkan dengan perusahaan tradisional. Studi tersebut juga menunjukkan dengan penerapan strategi digital, pendapatan perusahaan start-up meningkat.

Selain mampu meningkatkan dari efisiensi pendapatan perusahaan, transformasi digital juga merupakan peluang bisnis untuk meningkatkan pertumbuhan produktivitas melalui inovasi dan mengurangi biaya dari berbagai proses bisnis.

Perusahaan yang memiliki data yang baik dan teratur akan memudahkan karyawan dalam pencarian informasi atau memutuskan suatu hal. Pasalnya sebuah keputusan dalam perusahaan akan berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan perusahaan tersebut. Selain itu, pengambilan keputusan berdasarkan data dan informasi yang sesuai tentu akan mempermudah untuk mencapai bisnis.

Untuk menerapkan transformasi digital pada perusahaan berarti mengganti pekerjaan dengan proses manual ke versi digital yang lebih modern atau canggih dengan metoda teknologi. Hal ini tentunya akan membuat pengoperasian menjadi lebih cepat dan lancar, serta para karyawan juga dapat bekerja lebih efektif.

Dalam meningkatkan keuntungan, transformasi digital dapat menjadi salah satu solusi untuk perkembangan bisnis. Transformasi digital nantinya akan berdampak terhadap cara kerja dari karyawan terhadap kepuasan konsumen. Tingkat kepuasan pelanggan yang meningkat tentunya dapat meningkatkan profit dari perusahaan.

Perkembangan teknologi juga akan mempermudah dalam memantau karyawan saat bekerja dan menentukan jadwal para karyawan sehingga dapat mengelola jadwal meeting dengan mudah. Apalagi di tengah pandemi saat ini, perusahaan juga tetap bisa melakukan meeting online. Dengan demikian seluruh aktivitas perusahaan bisa terkendali sehingga kepuasan pelanggan masih tetap terjaga.

Post a Comment for "Masih Suasana Pandemi, Produktivitas Perkembangan Teknologi Digital Meningkat"