Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration

Penjelasan Sistem Engine Intake and Exhaust System

Tambnas Edukasi - Intake and exhaust system merupakan salah satu sistem pada engine yang bertujuan untuk menyalurkan udara ke ruang bakar. Pada sistem ini ada beberapa komponen utama yang mendukung. Diantaranya adalah pre cleaner, air cleaner, intake dan exhaust manifold, dust indicator,turbocharge dan muffler.

Pre Cleaner dan Air Cleaner
Pre cleaner merupakan saringan udara awal dari lingkungan sekitar yang akan disalurkan ke aircleaner dan selanjutnya menuju ruang bakar. Air cleaner berfungsi sebagai alat pembersih udara,sehingga debu, pasir dan kotoran dapat dipisahkan terlebih dahulu sebelum masuk ke ruang bakar. Partikel yang disaring pada air cleaner ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan pre cleaner. Kotoran, debu dan pasir yang ada di atmosfir merupakan substansi keras yang akan menyebabkankerusakan pada silinder dan piston engine dimana debu keras tersebut terhisap bersama-samadengan udara.

Dust Indicator
Dust indicator berfungsi untuk mengetahui kondisi air cleaner, apakah tersumbat atau tidak. DustIndicator ini dipasangkan pada tempat-tempat yang mudah terlihat dari luar dan jika menunjuk tandamerah berarti air cleaner tersumbat.

Turbocharge
Turbucharge pada diesel engine digunakan untuk memenuhi kebutuhan engine akan udara yang masuk ke ruang bakar, turbocharge ini akan mengirimkan udara yanglebih banyak untuk mendekati pembakaran yang ideal. Turbocharger mempunyai dua impeller yaitu turbin dan blower. Turbin impeller diputar oleh gas buang dengan kecepatan yang sangat tinggi. Pada ujung poros turbin ini  dipasangkan blower impeller sehingga putaran blower impeller sama dengan putaran turbin impeller. Putaran blower akanmenghisap udara dari luar dengan kecepatan putar berkisar antara 50.000-150.000 rpm. Untukmenahan putaran tinggi tersebut poros turbin di support oleh journal bearing dan thrust bearing.Pada rumah turbin dilengkapi dengan saluran oli untuk pelumasan. Bearing Seal ring dipasang untuk menghindari kebocoran oli ke sisi hisap maupun sisi turbin.

Muffler
Muffler merupakan saluran untuk melepas gas buang hasil pembakaran ke lingkungan luar. Selain itu,muffler berfungsi sebagai peredam suara, menghilangkan percikan api dan menurunkan temperaturgas buang. Muffler mempunyai beberapa tipe diantaranya adalah horizontal type, vertical type dancatalytic muffler. Dari tipe-tipe di atas hanya ada 2 type yang banyak digunakan yaitu horizontal typedan vertical type.

Post a Comment for "Penjelasan Sistem Engine Intake and Exhaust System"

Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration