Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration

Penjelasan Engine Cooling System Pada Engine




Tambnas Edukasi -  Pada engine terdapat sebuah sistem, yang dinamakan Engine Cooling System. Sistem ini terdiri dari 4 komponen diantaranya
  • Water Pump
  • Radiator, Fan dan Pressure Cab
  • Radiator Safety Valve
  • Thermostat
Engine Cooling System berfungsi untuk menjaga suhu yang terdapat pada engine supaya tidak overheat yang dapat menyebabkan kerusakan pada engine. Baiklah disini kita akan membahas 4 komponen yang terdapat pada Engine Cooling System diantaranya sebagai berikut

Water Pump
Water pump yang terdapat pada engine digunakan untuk mensirkulasikan air ke dalam sistem pendingin. dan semua pompa air yang dipergunakan pada engine pada umumnya mempergunakan jenis sentrifugal pump.

Radiator, Fan dan Pressure Cab
Radiator berfungsi sebagai pendingin engine atau penjaga suhu pada engine, air radiator didinginkan dengan bantuan udara luar. Di dalam Engine terdapat Buffle plate yang berfungsi untuk memisahkan buble yang terjadi di dalam sistem atau radiator karena gelembung udara yang pecah itu dapat mengakibatkan kavitasi.

Radiator Safety Valve
Pada Radiator safety valve itu terdapat dua buah valve diantanya yaitu pressure valve dan vacum valve. Karena panas tekanan udara di dalam radiator naik, apabila tekanan udara dalam radiator naik sebesar 0.75 kg/cm2lebih tinggi dari tekanan udara luar maka kelebihan tekanan tersebut akan mampu mendorong pressure valve melawan spring, sehingga kelebihan tekanan akan keluar sedangkan Vacum valve itu berfungsi utuk mencegah kevakuman di dalam radiaotor jika tekanan dalam sistem pendingin kurang/lebih kecil dari tekanan udara luar maka vacum valve akan terbuka.

Thermostat pada engine berfungsi untuk mengatur,membuka dan menutup aliran air pendingin ke radiator, sehingga temperatur air pendingin terjaga pada suhu (70ºC - 90ºC). Untuk mencegah timbulnya over heating dan mempercepat tercapainya temperatur kerja engine pada saat mulai operasi.

Post a Comment for "Penjelasan Engine Cooling System Pada Engine"

Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration