Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Undercarriage Pada Alat Berat


Tambnas Edukasi - Undercarriage sebagai kerangka bawah yang merupakan bagian dari sebuah crawler tractor yang berfungsi Untuk menopang dan meneruskan beban unit ke tanah, membantu sistem steering dan rem mengarahkan unit untuk bergerak juga sebagai pembawa dan pendukung unit.

Undercarriage merupakan salah satu komponen yang sangat penting dari sebuah crawler tractor. Komponen-komponen undercarriage harus dilakukan perbaikan atau penggantian (service) secara berkala, sebab jika tidak akan berakibat pada menurunnya performa alat berat, sehingga pengguna harus mengeluarkan banyak biaya untuk perawatan undercarriage tersebut.

Undercarriage pada alat berat diklasifikasikan kedalam dua tipe, yaitu tipe rigid dan tipe semi rigid.

Tipe rigid, Pada undercarriage tipe ini front idler tidak dilengkapi dengan rubber pad. Final drive juga tidak dilengkapi dengan rubber bushing dan equalizing beam hanya menempel pada main frame.

Tipe semi rigid, Tipe kerangka bawah ini pada track frame-nya dilengkapi dengan rubber pad dan pada sprocket dilengkapi dengan rubber bushing. Undercarriege tipe ini equalizing beam-nya diikat dengan pin pada frame utama.

Post a Comment for "Penjelasan Undercarriage Pada Alat Berat"