Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Vaksin Covid-19 Dipastikan Gratis Termasuk Peserta Yang Tidak Memiliki BPJS

Tambnas News - Vaksin Covid-19 akan diberikan secara gratis tanpa ada syarat kepesertaan BPJS Kesehatan begitu yang dikatakan oleh Kementerian Kesehatan. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi mengatakan, hanya terdapat dua syarat untuk mendapatkan vaksin virus corona secara gratis. Dua syaratnya itu ialah orang yang sehat serta berusia 18-59 tahun. "Kami tidak pernah mengatakan ada hubungan dengan BPJS," kata Nadia dalam diskusi Health Outlook 2021, Jumat (18/12).

Oleh karena itu, ia memastikan vaksin akan tersedia bagi peserta BPJS dan non BPJS. Namun, penerima vaksin harus memenuhi kriteria sehat dan sesuai sasaran usia.

Pemberian vaksin selanjutnya serupa dengan pemberian imunisasi pada bayi yang akan diberikan secara gratis. Imunisasi ini pun diberikan kepada seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang kepesertaan dari BPJS Kesehatan. 

Budi Gunadi Sadikin selaku Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara,  mengatakan bahwa pemerintah Indonesia memiliki anggaran yang cukup banyak untuk memberikan vaksin kepada masyarakat.

Indonesia memperhitungkan bahwa mampu melakukan vaksinasi kepada 16 juta orang dalam bulannya. Angka tersebut diperoleh setelah ia mengecek seluruh rumah sakit BUMN, RS swasta dan klinik. Secara keseluruhan, lanjut dia, ada 11 ribu layanan kesehatan yang siap melakukan vaksinasi. Hal ini juga telah diverifikasi melalui United Nations Children's Fund (UNICEF) yang selama ini kerap memberikan vaksin kepada masyarakat.

Post a Comment for "Vaksin Covid-19 Dipastikan Gratis Termasuk Peserta Yang Tidak Memiliki BPJS"