Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat jahe merah untuk kesehatan

Tambnas Health - Jahe merah kerab dimanfaatkan sebagai obat herbal karena kaya akan minyak asiri. Ini manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh Anda.  

Jahe, salah satu rempah-rempah yang populer di tanah air. Asal tahu saja, jahe terdiri dari beberapa jenis, salah satunya jahe merah. 

Jahe merah memiliki cita rasa yang pedas dan bersifat hangat. Umumnya jahe merah dikonsumsi dengan cara diseduh dengan air panas. 

Wedang jahe merah nikmat diminum saat malam hari atau saat udara sedang dingin. 

Jahe merah populer dalam dunia pengobatan herbal. Alasannya, rempah-rempah yang satu ini kaya akan minyak asiri. 

Tidak hanya itu jahe merah memiliki efek farmalogis memperlambat proses penuaan dan merangsang regenerasi sel kulit.

Hal inilah yang membuat jahe merah kerab dimanfaat sebagai obat herbal. 

Obat herbal memang jadi idola sebagian orang di tanah air. Alasannya, obat herbal dianggap lebih aman dikonsumsi dan minim efek samping. 

Jahe merah sudah banyak digunakan dalam dunia pengobatan herbal sejak dahulu kala. Dari semua bagian tanaman jahe, rimpang jahe yang banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal. 

Berikut manfaat jahe merah untuk kesehatan

1. Bisa Sebagai Obat kuat 

Salah satu manfaat jahe merah adalah meningkatkan gairah seksual. Jahe merah bisa jadi solusi untuk Anda yang tidak ingin minum obat kuat kimia. 

2. Meredakan nyeri lutut 

Penelitian yang dilakukan di Iran dan Amerika dinyatakan jahe merah memiliki efek seperti ibuprofen dalam mengatasi gejala osteoartritis. 

Konsumsi jahe merah dipercaya bisa mengurangi rasa nyeri pada lutut.  

3. Mengobati Gatal Pada Kulit

Banyak faktor yang membuat permukaan kulit menjadi gatal, salah satunya akibat terkena gigitan serangga. 

Daripada terus menggaruk kulit yang terasa gatal, Anda bisa mengobatinya dengan menempelkan campuran jahe merah dan bawang merah yang ditumbuk halus di atas permukaan kulit yang gatal. 

Anda bisa menempelkan ramuan herbal tersebut secara rutin sampai gatal hilang. Selain mengobati gatal, obat herbal tersebut juga efektif menyembuhkan luka lecet dan luka berdarah akibat senjata tajam. 

4. Meningkatkan daya tahan tubuh 

Jahe merah dipercaya bisa meningkatkan sistem imunitas alias daya tahan tubuh.

5. Mengobati Sakit pinggang 

Sakit pinggang muncul karena banyak faktor, salah satunya adalah duduk terlalu lama dengan posisi yang tidak nyaman. Dengan meminum minuman yang terbuat dari jahe maka dapat mengurangi atau mengobati dari sakit pinggang tersebut.

6. Jerawat 

Wajah mulus tanpa jerawat jadi idaman para perempuan dan laki-laki. Jahe merah mengandung minyak asiri yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri. 

7. Kolesterol 

Jahe merah juga mengandung antioksidan yang berperan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Post a Comment for "Manfaat jahe merah untuk kesehatan"