Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration

Efek Samping Mengkonsumsi Pistachio Secara Berlebih


Tambnas Health - Pistachio merupakan salah satu kacang-kacangan yang cukup populer karena memiliki banyak manfaat kesehatan dan juga membantu dalam menurunkan berat badan, akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan bisa memberikan efek samping.

Setelah memahami manfaat pistachio, kebanyakan orang berpikir bahwa makan sebanyak mungkin bisa mendatangkan banyak khasiat. Yang harus diketahui adalah jenis kacang ini tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah besar sebab dapat menyebabkan efek samping tersendiri.

Berikut adalah beberapa efek samping yang ditimbulkan jika mengkonsumsi pistachio secara berlebihan seperti dilansir dari laman Boldsky.

Penambahan berat badan

Pistachio merupakan makanan ringan yang mudah dimakan, yang berarti Anda dapat mengunyahnya dalam jumlah banyak tanpa menyadarinya.

Penting untuk dicatat bahwa kebiasaan mengonsumsi pistachio mungkin menjadi penyebab kenaikan berat badan Anda. Kebanyakan orang akan terkejut saat mengetahui bahwa secangkir pistachio mengandung 700 kalori.

Serat Berlebihan

Serat memang diperlukan untuk memperlancar buang air besar, namun faktanya terlalu banyak serat juga tidak baik untuk tubuh.

Hal ini dapat menyebabkan sindrom iritasi usus besar, kram perut, malabsorpsi dan sejumlah kondisi lain yang menyebabkan nyeri di perut. Jadi, seseorang harus menghindari mengonsumsi terlalu banyak pistachio sekaligus.

Risiko infeksi salmonella

Studi menunjukkan bahwa pistachio mengandung salmonella, yang membuat buah kering dan ini sangat tidak aman untuk dikonsumsi manusia.

Bakteri ini berdampak buruk pada bayi dan orangtua karena mereka memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah. Dalam kebanyakan kasus, hal itu dapat menyebabkan suhu tinggi, diare dan masalah pencernaan.

Pencernaan Yang Bermasalah

Pistachio memiliki nilai kalori yang sangat tinggi. Karena itu, jika Anda mengonsumsi terlalu banyak pistachio sekaligus, dapat membuat kembung dan menyebabkan masalah pencernaan.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi pistachio dapat membuat lesu dan kehilangan nafsu makan.

Ginjal Yang Bermasalah

Konsumsi pistachio tidak menyebabkan masalah ginjal, akan tetapi jika menderita masalah ginjal, konsumsi pistachio mungkin lebih mendatangkan bahaya.

Hal ini karena pistachio kaya akan potasium. Ini membantu menjaga keseimbangan elektrolitik, meredakan stres, kecemasan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Bagi orang yang menderita gangguan ginjal, ginjal tidak efisien dalam membuang kelebihan kalium dari dalam tubuh. Pada gilirannya, menghasilkan kandungan kalium berlebih dalam tubuh yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Resiko Terhadap Batu Ginjal

Mengkonsumsi batu ginjal dalam jumlah banyak dapat mengganggu keseimbangan kalium dalam tubuh. Kehadiran oksalat dan metionin dalam pistachio membantu pembentukan kalsium oksalat, salah satu komponen utama batu ginjal kristal.

Dengan demikian, konsumsi pistachio dalam jumlah banyak dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal pada orang dewasa yang sehat.

Masalah gastrointestinal

Fruktan merupakan komponen penting dari pistachio. Biasanya tidak berbahaya, tetapi banyak orang alergi terhadap fruktan. Intensitas alergi dapat bervariasi dari alergi ringan hingga alergi parah.

Orang-orang ini dapat mengalami komplikasi parah, yang pada gilirannya dapat memicu masalah gastrointestinal. Hal ini meliputi masalah sembelit, perut kembung, sakit perut dan diare.

Post a Comment for "Efek Samping Mengkonsumsi Pistachio Secara Berlebih"

Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration