Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration

Tips Buat Ruang Kerja yang Nyaman, Supaya Membuat Betah Kerja Seharian


Tambnas Edukasi - Saat pandemi Covid-19, hampir sebagian besar perusahaan mengharuskan para karyawannya bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Maka dari itu, penting untuk memiliki ruang kerja yang nyaman di rumah. Sebab, ruang kerja yang nyaman dapat meningkatkan semangat, kreativitas, serta produktivitas.

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk membuat ruang kerja di rumah menjadi nyaman sekaligus dapat meningkatkan produktivitas kerja. Mulai dari pemilihan desain ruangan, dekorasi, hingga penataan barang.

Dilansir dari Real Simple, Kamis (25/2/2021), beberapa tips berikut ini bisa diterapkan untuk membuat ruang kerja yang nyaman, dari Design Pro Camille Styles.

1. Buat Meja yang Lebih Tenang

Jika tempat bekerja di kantor membuat bosan dan lebih cepat lelah, ini saatnya menghadirkan suasana berbeda pada ruang kerja di rumah. Buat meja kerja selalu tertata rapi. Sebab, jika meja kerja berantakan, akan menganggu kenyamanan bekerja.

"Saya suka menjaga permukaan meja saya tetap bersih dan teratur dengan beberapa sentuhan yang menginspirasi," kata Camille Styles.

2. Buat Papan Inspirasi

"Saya suka memiliki mood board di kantor saya dengan gambar hal-hal yang sedang berbicara dengan saya — tetapi di masa lalu, mereka selalu merasa agak berantakan," kata Styles.

Mulailah mengantung papan inspirasi seperti mood board di dinding ruang kerja. Sebab, mengelilingi diri dengan gambar, kutipan, atau desain yang disukai akan memberi motivasi lebih. Selain itu, ini juga bisa semakin mempercantik ruang kerja.

3. Pilih Warna yang Menenangkan

Pilih palet warna yang menenangkan. Styles menyarankan warna-warna cerah, misalnya putih. Dekorasi netral serta furnitur kayu dan putih juga bisa membuat ruangan terasa lebih menenangkan, sekaligus meminimalkan gangguan visual di ruangan.

“Di ruang Anda sendiri, pilih warna yang sesuai dengan suasana hati yang ingin Anda rasakan saat bekerja, baik yang santai, termotivasi, atau terinspirasi secara kreatif. Warna putih lembut dan biru pucat bisa menenangkan, sedangkan hijau bisa memicu kreativitas,” jelasnya.

4. Jangan Lupakan Tanaman

Tips selanjutnya adalah dengan menempatkan tanaman di ruang kerja. Tanaman dapat memberi kesejukan pada ruangan. Tempatkan di sudut ruangan atau jika memilih tanaman berukuran kecil maka letakkan di atas meja kerja.

" Yang terpenting, pilih tanaman yang sesuai untuk ruang kerja Anda. Jika Anda takut tidak ingat untuk sering menyiraminya, pilihlah succulents. Jika Anda memiliki ruangan tanpa sinar matahari, tanaman palsu adalah solusinya!” sarannya.

5. Sediakan Ruang untuk Perawatan Diri

Penting membuat ruang perawatan diri untuk menciptakan energi yang baik dan suasana bahagia. Ada sejumlah dekorasi untuk ruang perawatan diri yang bisa dipilih. Seperti selimut yang nyaman, bantal besar, atau karpet yang bisa digunakan untuk meregangkan badan saat lelah bekerja.

“Perawatan diri adalah ide yang harus menjadi bagian dari kehidupan kerja kita juga," kata Styles.

Post a Comment for "Tips Buat Ruang Kerja yang Nyaman, Supaya Membuat Betah Kerja Seharian"

Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration