Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Lolos Mendaftar Kartu Prakerja


Tambnas Edukasi - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 sudah dibuka sejak kemarin, Selasa (23/2) sampai Jumat (26/2) mendatang. Pemerintah memberikan kuota terbatas untuk pendaftaran kali ini, yakni 600.000 orang.

Para pendaftar di gelombang-gelombang sebelumnya pun diperbolehkan mendaftarkan diri lagi di gelombang ke-12 ini. Untuk tidak mengulangi kesalahan yang menyebabkan gagal menjadi peserta, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

1. Kesiapan Dokumen dan Jaringan Internet

Untuk mendaftarkan diri, masyarakat harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Dalam pengisian formulir pendaftaran, pendaftar diimbau telah menyiapkan nomor KK dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Harap diperhatikan agar lolos Kartu Prakerja gelombang 12 yakni nama, tanggal lahir, dan alamat harus sesuai data di KTP. Kemudian, jaringan internet juga harus dipastikan dalam kondisi stabil, terutama untuk mengikuti tes kemampuan dasar.

2. Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

Dikutip dari fitur frequently asked questions (FAQ)www.prakerja.id, Rabu (24/2/2021), pendaftar harus mengikuti Tes Motivasi & Kemampuan Dasar pada situs resmi Kartu Prakerja untuk memenuhi keseluruhan proses pendaftaran.

Tes tersebut berdurasi maksimal 25 menit. Pendaftar dibolehkan menggunakan alat bantu (kertas, pensil/pulpen) untuk menyelesaikan soal tes. Tes motivasi dan kemampuan dasar ini sangat berpengaruh pada hasil keseluruhan tes untuk bisa mendapatkan Kartu Prakerja.

3. Unggah Foto KTP dengan Benar dan Dalam Waktu yang Tepat

Banyak masyarakat mengeluh tak bisa atau selalu gagal mengunggah foto KTP untuk mendaftar program Kartu Prakerja ke 12.Head of Communication Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu pun angkat suara. Menurut Louisa, kesulitan mengunggah KTP bisa terjadi karena tingginya minat masyarakat mengikuti Kartu Prakerja Gelombang 12ini.

"Kami memantau tingginya minat masyarakat untuk mengikuti gelombang 12 Kartu Prakerja yang baru saja dibuka. Hal ini mungkin menyebabkan ada masyarakat yang mengalami kesulitan dalam mengunggah KTP," ujar Louisa kepada detikcom, Selasa (23/2/2021).

Ia juga mengimbau masyarakat agar tak terburu-buru saat mendaftarkan diri di website www.prakerja.go.id. Sebab, penerimaan peserta bukan didasarkan siapa yang duluan mendaftar.

"Perlu kami jelaskan bahwa seleksi Kartu Prakerja tidak berdasarkan siapa yang lebih dahulu mendaftar. Proses randomisasi baru dilakukan setelah penutupan gelombang," papar dia.

Untuk itu, Louisa menyarankan kepada masyarakat yang kesulitan mengunggah KTP nya saat mendaftar, mencoba lagi tengah malam atau esok hari saja.

"Jadi kalau ada kesulitan mengunggah KTP silakan dicoba lagi nanti agak malam atau besok hingga 26 Februari," tandasnya.

Post a Comment for "Tips Lolos Mendaftar Kartu Prakerja"