Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghindari Pinjaman Online



Tambnas Bisnis - Pada era sekarang, tak sedikit orang yang terlilit masalah akibat dari pinjaman online. Terlebih, jika berurusan dengan pemberi pinjaman ilegal yang tak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Perusahaan pemberi pinjaman ilegal biasanya memiliki bunga yang snagat besar, serta mempromosikan jasanya dengan berbagai cara apapun. Alih-alih kebutuhan, korban pun terbuai dari kemudahan dalam peminjaman dan akhirnya nekat untuk meminjam.

Tentu hal ini harus secepatnya dihindarkan. Sebab, hal ini bukan menyelesaikan masalah, malah menambah masalah. Berikut beberapa tips untuk menghindari dari pinjaman online ialah sebagai berikut

Cek Status Perusahaan di OJK

Jika memang harus meminjam, maka gunakan financial technology (fintech) yang resmi dan terdaftar di OJK. Pastikan perusahaan pinjaman online di situs ojk.go.id.

Pahami Syarat dan Ketentuan Pinjaman Online

Beberapa perusahaan pinjaman online melakukan pemerasan secara tidak langsung. Maka dari itu lebih baik pahami syarat dan ketentuan dari pinjaman online agar tidak terjebak.

Waspada Terhadap Penyalahgunaan Data Pribadi

Hindari persyaratan pinjaman online yang meminta izin untuk mengakses kontak di smartphone, foto kartu ATM, sampai foto selfie sambil memegang kartu identitas karena dari data diri tersebut dapat menyebabkan penyalahgunaan.

Post a Comment for "Cara Menghindari Pinjaman Online"