Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Sederhana Merawat Gigi



Tambnas Health - Gigi yang sehat itu bukan hanya gigi yang berwarna putih. Sebab yang terpenting dari menjaga kesehatan gigi adalah terhindar dari karies dan karang gigi seperti disampaikan drg Belinda Chandra Hapsari.

Belinda mengungkapkan cara sederhana menjaga kesehatan gigi yang dapat diaplikasikan secara mandiri di rumah. Pertama, gosok gigi minimal dua kali sehari.

“Untuk menjaga kesehatan gigi itu sebetulnya simpel, dengan gosok gigi minimal 2 kali sehari, itu sudah sangat membantu,” ujar Belinda saat dihubungi Health-Liputan6.com.

Waktu yang tepat untuk menggosok gigi itu setengah jam hingga satu jam setelah makan pagi dan malam hari sebelum tidur.

“Setengah atau 1 jam setelah makan dan sebelum tidur itu gosok gigi,” imbuh Belinda.

Namun, dengan catatan setelah menggosok gigi malam hari sebelum tidur sudah tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan apapun. Apabila harus makan, maka gosok gigi kembali setelahnya.

Belinda juga mengingatkan untuk membatasi minuman-minuman yang mengakibatkan perubahan warna pada gigi. Tetapi untuk makanan, dirinya tidak membatasi makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan, asalkan tetap jaga kebersihan gigi.

Apabila ingin melakukan perawatan gigi alangkah lebih baik cari yang aman, yakni dengan pergi ke dokter gigi. “Kalau yang aman, ya ke dokter gigi,” kata Belinda.

Ia juga mengatakan kalau saat ini kehadiran dokter-dokter gigi palsu sangat meresahkan. Oleh karena itu, sebelum menentukannya alangkah lebih baik untuk mengecek terlebih dahulu nama dokter yang ingin dikunjungi pada laman kki.go.id.

Post a Comment for "Tips Sederhana Merawat Gigi"