Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menjaga Kesehatan Mata



Tambnas Health - Mata ialah salah satu organ tubuh yang sangat penting dalam melakukan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, kesehatan mata perlu dijaga sebaik mungkin. Kebanyakan orang tidak memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatan mata, padahal menjaga kesehatan mata itu merupakan suatu kewajiban yang sangat penting. Kurang menjaga kesehatan mata bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan pada penglihatan.

Sadar bahwa kesehatan mata sangat penting dan tidak boleh dianggap remeh, lakukan langkah-langkah mudah berikut ini untuk menjaga kesehatan mata-mata Anda.

1. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Mulai menjaga kesehatan mata Anda dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Nutrisi seperti asam lemak omega-3, lutein, seng, dan vitamin C dan E yang dapat membantu menangkal masalah penglihatan terkait usia seperti degenerasi makula dan katarak. 

Pola makan yang seimbang juga dapay membantu Anda mempertahankan berat badan. Hak itu menurunkan kemungkinan obesitas dan penyakit terkait seperti diabetes tipe 2, yang merupakan penyebab utama kebutaan pada orang dewasa.

2. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok membuat Anda kemungkinan mengalami mata katarak, kerusakan pada saraf optik dan degenerasi makula (gangguan penglihatan pada usia tua) lebih besar. Berhenti merokok dari sekarang akan lebih baik daripada keesokan hari. Jika sulit berhenti, Anda bisa meminta saran dari dokter.

3. Kenakan Kacamata Hitam

Terlalu banyak paparan sinar UV meningkatkan kemungkinan katarak dan degenerasi makula. Maka dari itu gunakanlah kacamata anti UV ketika berjalan di bawah terik matahari maupun saat berkendara. Jika Anda memakai lensa kontak, beberapa menawarkan perlindungan UV. Sebaiknya kenakan kacamata hitam untuk lapisan ekstra.

4. Gunakan Kacamata Safety

Jika Anda pekerjaan Anda mengharuskan untuk menggunakan kacamata safety, maka displinlah untuk mentaati. Tidak peduli Anda sudah pro dan berpengalaman, kacamata pelindung harus diutamakan. Termasuk bagi Anda yang hanya sekadar berlatih olahraga ringan. Jika olahraga itu mengharuskan pakai kacamata pelindung, ya pakailah.

5. Memandang Jauh dari Layar Gadget

Menatap layar komputer atau ponsel terlalu lama dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan mata. Mulai dari ketegangan mata, penglihatan kabur, kesulitan fokus pada jarak jauh, ata kering, akit kepala, nyeri leher, punggung, dan bahu

Untuk melindungi mata Anda, pastikan resep kacamata atau lensa kontak Anda terbaru dan bagus untuk digunakan ketika menatap layar gadget dan komputer. Jika ketegangan mata Anda tidak kunjung hilang, konsultasikan dengan dokter kesehatan mata.

Selain itu, biasakan untuk posisi mata Anda sejajar dengan bagian atas monitor. Itu memungkinkan Anda melihat sedikit ke bawah ke layar. Cobalah untuk menghindari silau dari jendela dan lampu. Gunakan layar anti-silau jika perlu. Pilih kursi yang nyaman dan mendukung. Posisikan agar kaki Anda rata di lantai. Jika mata Anda kering, berkedip lebih sering.

Istirahatkan mata Anda setiap 20 menit. Lihatlah sejauh 20 kaki selama 20 detik. Bangunlah setidaknya setiap 2 jam dan istirahatlah selama 15 menit.

6. Kunjungi Dokter Mata Anda Secara Teratur

Setiap orang perlu memeriksakan mata secara rutin, tak hanya orang dewasa, anak kecil juga perlu. Hal tersebut membantu melindungi penglihatan Anda dan memungkinkan Anda melihat dengan lebih baik. Pemeriksaan mata juga dapat menemukan penyakit, seperti glaukoma, yang tidak memiliki gejala. Selain itu juga dapat mengecek penglihatan Anda, apakah ada rabun jauh rabun dekat dan astigmatisme (kornea yang melengkung dan mengaburkan penglihatan) dan permasalahan mata lainnya.

Oleh karena itu sangat penting untuk mengenali gejala-gejala penyakit mata itu sejak dini, saat mereka lebih mudah diobati. Terlebih saat ini penanganan dan pengobatan mata telah dilengkapi berbagai peralatan canggih dan teknik-teknik operasi yang minim invasive, yang lebih meminimalkan luka sayatan dan rasa nyeri pada pasien dengan risiko komplikasi yang lebih rendah dan masa pemulihan yang lebih singkat.

Post a Comment for "Tips Menjaga Kesehatan Mata"