Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pahami Secara Lengkap Memulai Bisnis Rumah Makan


Menjalankan bisnis bukanlah hal yang mudah dan sangat memerlukan modal yang cukup besar. Namun apabila lebih teliti dalam mencari peluang sebenarnya banyak usaha yang hanya bermodal kecil, seperti membuka suatu usaha dengan bidang makanan.

Untuk yang tertarik dalam menjalankan usaha makanan dengan modal kecil, bisa mencoba membuat rumah makanan sederhana. Beragam jenis makanan dapat membuat peluang usaha menjadi menjanjikan. Hal ini bisa menjadi kesempatan yang bagus untuk mendapatkan keuntungan yang cukup fantastis dalam setiap bulannya.

Usaha dalam bidang makanan saat ini telah menjadi trend, walaupun usaha ini memang membutuhkan kerja keras dan usaha. Usaha rumah makanan ini bisa dijalankan dimana saja dan tidak begitu banyak membutuhkan modal.

Berikut ini adalah beberapa persiapan yang harus diperhatikan oleh para pengusaha makanan dalam memulai usaha kuliner, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Produk

Pilih menu makanan yang banyak diminati oleh para konsumen. Seperti berbagai macam olahan makanan dari ayam, telur, tahu, tempe, gorengan dan aneka jenis makanan yang banyak dicari oleh para konsumen.

Kualitas produk yang ditawarkan harus sangat diutamakan. Membuat aneka jenis lauk pauk serta sayuran dengan cita rasa yang nikmat dan enak dapat mengundang konsumen datang. Salah satu yang harus diperhatikan adalah dari bahan baku pembuatannya harus memiliki kualitas dan kebersihan harus selalu dijaga agar makanan yang dihasilkan lebih higienis.

Pilihlah lokasi yang tepat untuk berjualan. Namun untuk menghemat biaya pengeluaran, bisa menjual aneka jenis makanan di depan rumah ataupun di jalan yang banyak dilalui oleh orang. Apabila orang yang lewat itu banyak maka sangat berpotensi besar untuk laku.

Usaha makanan membutuhkan peralatan serta perlengkapan yang tidak terlalu banyak. Menggunakan meja dengan ukuran yang panjang itu sangat bagus karena dapat menampung berbagai jenis makanan seperti lauk pauk dan sayuran.

Lakukanlah survey pada pasar untuk harga yang dijual dipasaran, apa saja minat para konsumen dan mencari tahu pesaing disekitar lokasi. 

2. Konsumen

Untuk menjalankan usaha makanan tentu perlu membidik sasaran yang banyak dan luas seperti mahasiswa, pelajar, karyawan,  ibu rumah tangga serta masyarakat lainnya juga bisa dijadikan target konsumen yang menguntungkan.

3. Kekurangan dan Kelebihan

Resiko yang banyak dialami oleh pengusaha makanan yaitu harga dari bahan makanan yang tidak stabil. Seperti bahan baku ayam, telur, ikan, dan bumbu lainnya. Hal ini membuat para pengusaha makanan sering kebingungan dalam mematok harga.

Jika menaikan harga tentu para konsumen tidak akan menyukainya dan bisa kehilangan pelanggan. Untuk mengatasi hal tersebut maka survey harga bahan baku dipasaran harus segera dilakukan supaya nantinya bisa mendapatkan harga yang sesuai dan lebih terjangkau.

Kelebihan usaha rumah makan sederhana yaitu tidak membutuhkan modal yang besar dan memiliki prospek pasar yang sangat bagus. Modal penting untuk menjalankan usaha rumah makan ini sebenarnya adalah kemampuan dalam mengolah aneka makanan dengan cita rasa yang enak dan dapat memuaskan para konsumen.

2 comments for "Pahami Secara Lengkap Memulai Bisnis Rumah Makan"