Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration

Tirulah Cara Ini Untuk Sukses Meeting Dengan Klien


Meeting dengan klien merupakan suatu kegiatan yang sering dilakukan pada dunia bisnis. Kesuksesan dalam sebuah meeting ditentukan dari diri sendiri. Menarik perhatian klien yang secara otomatis dapat mempengaruhi perkembangan bisnis menjadi lebih baik. 

Datang saat meeting dengan tepat waktu merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan. Datang tepat waktu itu menunjukkan seberapa besarnya menghargai sebuah waktu. Hal ini tentu bisa membuat klien percaya bahwa proses pengerjaan hingga selesainya suatu proyek itu dengan tepat waktu.

Dalam meeting, pasti terkadang merasa gugup dan cemas. Itu semua terjadi karena kurang percaya diri. Untuk memberikan kesan baik, tunjukan kemampuan secara maksimal dengan percaya diri. Mulailah berpikir positif, kuasai materi presentasi, dan cobalah berpenampilan yang rapi dan sopan.

Penyiapan materi dalam bentuk powerpoint harus dipersiapkan sematang mungkin. Masukkan data yang singkat, jelas, padat, dan mudah dipahami oleh klien. Supaya lebih lengkap dapat ditambahkan image atau ilustrasi yang memudahkan klien dalam memahami materi.

Setelah menyiapkan materi, tunjukan kemampuan dengan menguasai materi yang ingin dijelaskan. Pelajari semua materi yang ada  secara detail, sehingga ketika terdapat pertanyaan sulit dapat dijelaskan secara mudah. Dengan begitu, klien akan lebih percaya ketika bekerja sama dalam suatu proyek.

Tujuan meeting bukan hanya untuk mempresentasikan suatu proyek, akan tetapi juga harus memberikan kesempatan kepada klien untuk memberikan feedback demi kepentingan proyek. Dengan mempersilakan klien untuk bertanya, mereka akan merasa lebih dihargai. Jadi, lakukan komunikasi dua arah saat melakukan meeting dengan klien ataupun rekan kerja lainnya.

Setelah meeting selesai, cobalah hubungi klien untuk mengonfirmasi atau follow up akan kejelasan meeting tersebut. Cobalah ajak klien makan siang di luar atau lakukan kegiatan rutin sebulan sekali untuk mempererat hubungan. Dengan begitu, klien akan bertahan lama dengan perusahaana. Bukan hanya itu, dengan hubungan yang baik, calon klien pun akan datang menghampiri perusahaan.

Post a Comment for "Tirulah Cara Ini Untuk Sukses Meeting Dengan Klien"

Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration