Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pahami Dalam Perencanaan Keuangan Bisnis Melalui Beberapa Langkah Berikut


Pengusaha kecil atau pemula sangatlah penting dalam memiliki sebuah perencanaan bisnis pada bidang keuangan supaya dapat terhindar dari adanya kerugian. Modal investasi untuk startup dapat dibandingkan dengan jumlah biaya setup sesuai dengan perencanaan keuangan bisnis.

Untuk memulai bisnis harus dapat menentukan berapa banyak modal yang dapat dialokasikan diantaranya biaya administrasi, marketing, biaya pendaftaran, lisensi, dan legal lainnya.

Membuat proyeksi harus sudah diperhitungkan untuk 12 bulan ke depannya dengan membandingkan potensi pendapatan penjualan, harga pokok penjualan serta biaya tetap operasional.  Menghitung potensi laba juga memperkirakan harga penjualan pada suatu produk tersebut.

Untuk dapat terhindar dari kekurangan pendanaan di awal usaha maka harus mempunyai perkiraan arus kas sehingga kapasitas untuk melayani pelanggan dapat terpenuhi dan dapat memberikan kepercayaan lebih terhadap investor yang telah memberikan dana.

Dalam menjalankan usaha harus menentukan analisis titik impas supaya biaya besar dapat diatasi dengan baik dan tidak menyebabkan kerugian. Secara umum, titik impas dapat ditetapkan berdasarkan jumlah rata-rata jam kerja per minggu.

Post a Comment for "Pahami Dalam Perencanaan Keuangan Bisnis Melalui Beberapa Langkah Berikut"