Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhatikan Beberapa Langkah Untuk Memulai Bisnis Impor


Bisnis yang berpotensi mendapatkan keuntungan besar salah satunya ialah bisnis impor. Namun dalam menjalankan bisnis impor sangat membutuhkan modal yang sangat besar. Hal itu dikarenakan untuk mengembangkan bisnis impor harus memiliki stok barang yang banyak. Untuk mengetahui bisnis impor selengkapnya dapat dilihat sebagai berikut

Riset Produk

Dalam membeli produk yang akan dijual pahamilah siapa targetnya terlebih dahulu. Setelah ditentukan target, setelah itu bisa dengan riset atau survey terhadap orang yang sekitarnya. Dalam menjual produk bisa dengan memanfaatkan platform jual beli online di Marketplace.

Bisnis Impor Melalui Online

Membeli suatu produk melalui Internet bukanlah hal baru di Indonesia. Oleh karena itu banyak anak muda di Indonesia memanfaatkan barang impor untuk dijual kembali dengan harga yang cukup tinggi. Memanfaatkan media online dalam pemasaran produk dapat menghemat biaya operasional seperti sewa toko, listrik, dan lain sebagainya.

Selain itu, pasar yang lebih luas juga dapat memudahkan dalam memperkenalkan suatu produk impor. Jadi manfaatkan social media semaksimal mungkin untuk promosi produk sehingga barang banyak terjual di marketplace. 

Tanda Pengenal Importir

Seorang importir diwajibkan melakukan registrasi Kepabeanan sesuai peraturan Menteri Keuangan Nomor 59/PMK.04/2014. Mendapatkan Nomor Identitas Kepabeanan bisa didaftarkan di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Selain itu juga harus mengurus API atau Angka Pengenal Importir.

API terbagi atas dua bagian yaitu API-P (Produsen) teruntuk pada barang impor yang akan digunakan sendiri dan API-U (Umum) teruntuk pada barang impor yang akan dijual kembali. Untuk mendapatkan API-U harus melampirkan beberapa dokumen kepada Kepala Dinas Provinsi.

Beberapa dokumen yang dilampirkan ialah

  • Fotokopi Akta Notaris Pendirian Perusahaan.
  • Fotokopi Tanda Daftar Perusahaan (TDP).
  • Foto kopi NPWP Perusahaan.

Referensi dari Bank Devisa.

Direksi dan kuasa Direksi wajib tanda tangan untuk KTP atau Paspor untuk pembuatan API. Latar belakang foto wajib berwarna merah dengan masing-masing Pengurus atau Direksi Perusahaan memiliki 2 (dua) lembar ukuran 3 x 4 cm.

Kelola Keuangan Bisnis Impor

Mengelola keuangan bisnis dengan tepat dapat membantu financial perusahaan tetap terjaga. Kondisi keuangan yang bagus dapat membuat perusahaan berkembang dan berkemungkinan bisa melakukan ekspansi lebih besar.

Post a Comment for "Perhatikan Beberapa Langkah Untuk Memulai Bisnis Impor"