Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa sih Perbedaan Cupang Hias dan Cupang Adu


Tambnas Farm - Membedakan antara cupang hias dan cupang adu memang tidak mudah, tapi juga tidak terlalu sulit. Apalagi kalau masih awam dengan bidang ini, pasti merasa sulit membedakannya. Namun sebaliknya, para pecinta ikan cupang tidak perlu susah payah membedakannya. Karena mereka sudah tau letak perbedaannya.

Lalu bagiamana cara membedakannya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Perbedaan Cupang Hias dan Cupang Adu

Banyak aspek yang menjadi pembeda antara cupang hias dan cupang adu. Misalnya bentuk fisik, sifat, dan aspek-aspek lainnya. Berikut ini aspek pembeda cupang hias dan cupang adu:

Bentuk fisik

Cupang hias memiliki bentuk sirip dan ekor yang lebih panjang, dan juga struktur tulang sirip dan ekor memiliki ciri tersendiri. Inilah yang menjadikannya terlihat lebih indah dan memiliki keunikan tersendiri.

Sedangkan cupang adu memiliki bentuk tubuh yang lebih kokoh yang menjadi bekal mereka ketika menemui musuhnya. Cupang adu memiliki lebar dan tinggi yang sama mulai dari leher, namun sedikit mengecil di bagian ekornya. Sementara itu, sirip dan ekor cupang adu lebih pendek.

Gerakan tubuh

Cupang hias memiliki gerakan tubuh yang sedikit melambai. Dengan hobinya yang suka mengibas-ngibaskan sirip dan ekor semakin menampilkan keindahannya.

Berbeda jauh dengan cupang adu. Mereka lebih memperlihatkan pegerakan agresif, tidak lambat dan gemulai seperti halnya cupang hias. Mereka lebih terlihat tegas dan berwibawa.

Yang dilakukan ketika melihat musuh

Cupang adu akan senantiasa mengembangkan penuh sirip dan ekornya. Hal ini bermaksud menunjukan pada lawannya bahwa mereka sudah siap.

Tidak jauh berbeda dengan cupang adu, cupang hias pun akan melakukan hal yang sama ketika sedang berhadapan dengan musuh atau bercumbu. Hanya saja cupang ini akan terlihat lebih indah karena pada dasarnya memiliki sirip dan ekor yang lebar.

Warna kulit

Karena untuk menunjang keindahan tubuhnya, maka cupang hias memiliki warna yang lebih terang. Sehingga bisa memaksimalkan keindahan tubuhnya.

Bentuk bibir dan mulut

Cupang hias memiliki bentuk bibir dan mulut yang biasa-biasa saja. Sementara cupang adu memiliki bentuk bibir yang dominan lebih tebal dan kokoh sebagai penunjang mereka ketika menemui musuh. Selain itu, mulutnya akan terlihat menutup rapat dan memiliki gigi yang runcing.

Itulah yang menjadi aspek perbedaan antara cupang hias dan cupang adu. Di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia, sering mengadakan kontes adu cupang.

Post a Comment for "Apa sih Perbedaan Cupang Hias dan Cupang Adu "