Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengenali Jenis dan Harga Ikan Cupang di Pasaran


Tambnas Farm - Ikan cupang saat ini merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki daya tarik pada keindahan tubuhnya. Di Indonesia, ikan ini dikenal sebagai ikan petarung, karena sifatnya yang agresif dan suka menyerang.

Ikan yang habitatnya tersebar luas di wilayah Asia Tenggara ini memiliki daya tarik tersendiri, seperti warna tubuhnya yang menarik, keindahan sirip pada tubuhnya, pun gerak-gerik tubuhnya yang mengagumkan.

Kita bisa menemukannya di rawa-rawa, danau, sawah, dan tempat sejenisnya karena sifat airnya yang menggenang dan tenang. Maka dari itu, tidak heran jika kita melihat para pecinta ikan cupang menambahkan daun-daun (seperti daun ketapang) ke air agar berubah warnanya.

Ada sebagian kalangan yang suka ikan cupang karena keindahannya, sehingga menjadikannya sebagai ikan hias. Ada juga yang hobinya mengadu. Meski tidak dibenarkan, masih banyak dari mereka yang melakukan hobi ini.

Di pasaran sendiri, terdapat beragam jenis dan harga ikan cupang yang beredar. Ada yang murah ada yang mahal. Namun, bagi mereka para pecinta ikan ini harga tidak menjadi masalah. Yuk, kita kenali beragam jenis ikan cupang!

Jenis dan Harga Ikan Cupang yang Populer

1. Halfmoon

 

Alasan nama tersebut diberikan untuk ikan ini karena bentuk siripnya yang terlihat menyatu dengan ekor, sehingga menyerupai bulan setengah lingkaran. Karena indah, ikan ini banyak dipelihara sebagai ikan hias. Selain bentuk sirip dan ekornya, keindahan ikan ini didukung juga oleh keberagaman warna di setiap ikan cupang jenis ini. Dan juga gerak-gerik cupang ini sangat menggemaskan.

Harga: Rp 5.000 – Rp 300.000

2. Crown Tail


Kalau yang ini, boleh dibilang ikan cupang asli Indonesia. Mengapa? Ikan cupang serit ini berhasil dilahirkan oleh para pecinta ikan cupang di Indonesia, tepatnya di Jakarta. Crown tail atau ekor mahkota, nama tersebut memang dirasa cocok, karena jika ikan ini dihadapkan ke atas maka siripnya akan menyerupai mahkota raja.

Jenis ikan ini juga terdiri dari banyak varian, ada yang seritnya tunggal, dua, tiga, dsb. Tapi hal inilah yang membuatnya unik dan indah. Tidak heran jika dunia internasional mengakui keindahan cupang ini.

Harga: Rp 5.000 – Rp 300.000

3. Plakat


Plakat atau dalam bahasa Thailand disebut “Plakad” yang berarti aduan. Ya, sesuai denga namanya, banyak yang memanfaatkan ikan ini untuk aduan.

Bentuk fisiknya yang tidak memiliki sirip yang panjang, serta pergerakannya yang tegas dan meyakinkan sangat mendukung ikan ini sebagai ikan aduan.

Harga: Rp 5.000 – Rp 300.000

4. Double tail


Tidak seperti halfmoon yang memiliki ekor yang lebar dan menyambung ke sirip, jenis ikan cupang double tail ini memiliki ekor yang terbelah dua. Namun sayang, ikan yang indah ini sangat sulit didapat di pasaran, sehingga sukar untuk mengembangbiakannya.

Harga: Rp 5.000 – Rp 300.000

5. Giant


Pada umumnya cupang jenis ini tidak memiliki variasi warna yang berbeda, kebanyakan sama warnanya. Tapi yang menjadikannya unik adalah ukuran tubuhnya yang lebih meyerupai raksasa bagi ikan-ikan cupang lainnya. Ikan yang berhasil dikembangkan di Thailand ini ada yang mencapai panjang 12 cm, jelas jauh lebih besar dari yang lainnya.

Harga: Rp 5.000 – Rp 300.000

Post a Comment for "Cara Mengenali Jenis dan Harga Ikan Cupang di Pasaran "