Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ide Bisnis Pemula yang HARUS di coba tahun 2022


Oke guys, gua pengen bahas 3 ide bisnis yang menurut gua pemula bisa lakuin di 2022. Tapi ini gua bakal bahas beberapa yang lu harus lakuin berbeda di tahun ini dibanding tahun-tahun lalu. Soalnya beberapa dari ide bisnis ini sebenernya tuh udah ada dari dulu, cuma apa yang harus kita lakuin dan kenapa opportunity-nya tuh lebih menarik di 2022?

Dan kebanyakan dari ide ini sebenernya bisa dilakuin dengan modal yang minim . Nanti kalo misalnya udah punya cashflow, udah punya pendapatan, kita bisa ekspansi dan akhirnya bisa evolusi bisnis ini. Nanti kita bakal bahas satu-satu.

Nah ide pertama yang pengen gua bahas adalah white label product. Sebenernya ini udah ada dari tahun-tahun lalu, tapi gua ga tau kenapa di marketplace sekarang tuh makin banyak yang gua liat produk bagus banget. Tapi karna semua gampang di-google, semuanya bisa dimanfaatkan , bagaimana kita cara mengembangkan nya. Gua tau ini sebenernya kalo lu cari modalnya, itu harganya cuma 30 ribu tapi mereka jual 150 ribu.

Dan kenapa white label ini menarik?

Karena ini tuh kebanyakan orang kalo misal mau mulai bisnis itu mereka bingung di product development.
Gimana caranya gua bikin produk yang bagus?
Gimana cara gua ngedesain produk yang menarik banget buat customer?
Terus nanti izinnya gimana?
Terus nanti RnD-nya gimana?

Bagi yang ga tau gua jelasin lagi dulu, white label dibanding produk sendiri artinya ada produk di luar sana yang generic yang umum, yang sebenernya produsennya tuh ngejual ke semua orang. Dan itu unbranded, lu bebas mau branding sebebas mungkin, lu bebas mau packaging-nya gimana, dan biasanya white label product ini memang didesain untuk reseller.

Beberapa dari contoh white label yang paling umum misalnya kayak kaos, tote bag, gifts, boneka, dan banyak banget.

Gua akan kasih satu referensi., Kalo misalnya masih kurang ngerti ini gua kasih 1 contoh produk yang white label, dan 1 contoh produk yang udah di-branding dari hasil white label. Dan itu jualnya tuh bisa berkali-kali lipat dibanding harga modalnya.

Tapi gua mulai dari mana nih ?

Nah, pertama kita riset produknya dulu sebenernya. Sekarang tuh zamannya gampang banget tinggal buka google, cari platform-platform yang nyediain produk-produk white label yang ga ada branding, yang bahkan kalian bisa ubah branding-nya sendiri.

Salah satu yang paling umum itu custom products, kalian bisa ke website-nya ciptaloka atau ada beberapa custom products yang lain. Nah di sana mereka ngejual barang-barang plain yang kalian bisa custom dan akhirnya bisa di-branding untuk jadi produk kalian.

Kunci dari suksesnya white label tuh sebenernya harus ada 2 : 
1. Rebranding
2. Repackaging

Gimana caranya lu naikin 5x lipat itu balik lagi ke 2 hal itu. Sebagai white label reseller, kalo udah nemu produknya, step kedua adalah gimana cara nge-branding produk itu seakan kayak produk yang mahal, yang kalian udah RnD, dll.

Nah kebanyakan dari produk white label ini, itu kalian bisa pesen by order. Jadi nggak perlu ngestok barangnya banyak, misalnya kalo di platform yang kayak custom gitu ada orderan, itu uangnya bisa masuk langsung bersih ke kantong kalian setelah menyelesaikan pesanan dari klien.

Kalo mau lebih extra biasanya kalian kirim dulu ke tempat kalian, di rumah gitu misalnya, terus kalian packaging dengan bagus, baru dikirim ke customer.

Kalo misalnya lebih pengen simpel yaudah langsung kirim ke customer-nya. Tapi beberapa platform-platform ini tuh sebenernya bisa jasa custom packaging.

Nah kalian harus perhatiin disana. Kalo kalian jualan produk retail, di luar dari produk, yang penting banget juga adalah gimana kalian komunikasi dengan customer. Kalo misalnya custom pasti kebanyakan kalian ngobrol di WA gitu misalnya dan kalian bisa pake aplikasi yang menurut gua keren banget, yaitu aplikasi selly.

Walaupun kalian jual di banyak marketplace, at the end customer service itu pasti satu pintu dan aplikasi selly tuh ngebantu kalian banget untuk bisa nge-serve customer-customer ini. Bagi yang ga pernah tau produknya, dia tuh online selling assistant. Jadi dia kayak aplikasi yang bisa kalian download, dan itu keyboard custom yang bisa kalian pake untuk beberapa fiturnya mempermudah kalian untuk serve your customer.

Contohnya ada beberapa fitur autotext kalo misalnya mereka nanya, 'Ini orderannya berapa lama? Itu bisa cepet jadinya dan menurut gua yang keren mereka ada fitur untuk cek ongkirnya. Jadi bisa langsung connect ke JNE, Pos Indonesia, Sicepat, dll.

Jadi di chat itu bisa langsung kasih harga ongkirnya dan customer bakal appreciate buat itu. Fitur-fiturnya sebenernya lengkap banget. Kayak bikin tagihan via bank transfer, rekap penjualan, sampe ngingetin customer kalian kalo belum bayar. Jadi kerjaan manual-manual kaya invoicing, dll bisa dibikin otomatis pake aplikasi selly.

By the way selly ini aman karena dia masuk grupnya GoTo financials. Jadi, aman guys. Semoga secara seklias kalian ngerti ya di bagian white label product tuh apa dan gimana cara mulainya.

Ide kedua yang menurut gua bisa kalian lakuin di 2022 yaitu freelance menjadi agency. Freelance lebih gila lagi, karna kan ga butuh modal. Modalnya kalian itu skill yang kalian pelajari mungkin dari google, youtube, tapi freelance itu bukan bisnis sampai menjadi agency.

Beberapa poin-poin penting untuk kalian lakuin terkait agency yaitu harus ngerti dan paham. Kalo menurut gua ada 3 poin yang harus kalian perhatiin di sini.

Yang pertama, jangan main di mass market untuk freelance dan agency. Misalnya kalian punya skill graphic design, kalian kerucutin lagi. Graphic design untuk content creator atau graphic design untuk produk finance. Jadi dengan kalian go niche, kompetisi kalian jadi ga terlalu gede.

Yang kedua kalo misalnya mau ngebangun agency, sekarang tuh bukan zamannya ngebangun portofolio, tapi ngebangun reputasi. Bedanya portofolio dengan reputasi, portofolio tuh kalian simpan untuk diri sendiri yang kalian kasi liat kalo misalnya kliennya minta. Tapi reputasi, kita di zaman content creating, kalian sebagai agency harus mengeluarkan karya-karya kalian di social media. Mau itu TikTok, Instagram.

Apalagi kalo misalnya hasil kerja kalian itu dapat recognition. Misalnya award, dll. Itu bakal nge-boost banget di tahun ini.

Dan yang ketiga yang ngebedain agency di tahun 2022 dibanding tahun lalu adalah kalian harus mulai nge-charge berdasarkan result. Bukan berdasarkan SOW.

Maksudnya gimana ?

Nih, analoginya kalian seorang web developer. Biasanya kalian nge-charge 1 website 3 juta. Tapi kalo misalnya agency pengen expand secara besar, kalian harus tau, dengan kita ngedesain landing page ?
ini akan naikin sales untuk customer berapa? 
Ini bakal dapetin followers ke Instagram berpa ?
misalnya kalo graphic design berapa?

Dan akhirnya klien bakal lebih tutup mata untuk soal harga kalo misalnya kalian bisa ngejanjiin suatu performance dan itu menurut gua tips-tipsnya kalo misalnya kalian mau mulai bisnis freelance to agency.

Kalo menurut gua ini bisnis yang ga bakal mati karna sampe selamanya badan-badan ini, company-company ini tuh bakal selalu butuh services diluar dari yang mereka hire. Tinggal gimana caranya kita stand out.

Nah yang ketiga, itu adalah niche market retailer. Mungkin bahasanya kayak agak terlalu gimana ya. Tapi intinya, ini jualan online yang kalian harus fokus ke niche market. Forget about the mass market, forget about bikin yang untuk semua orang.

Maksudnya dari niche adalah, kalo misalnya kalian mau jual makanan, kerucutin lagi.
Makanan untuk apa?
makanan yang style-nya gimana ?
makanan untuk di size ekonomi berapa?

2022 tuh berbeda karna competition semakin banyak. Sebagai pemula yang memulai bisnis kita ga boleh fokus ke yang, 'Oke kita mau coba hajar semua'. Karna kita dijamin bakal kalah. Yang kita lakuin adalah, kalau kita mau jualan barang, mau jualan keripik, mau jualan barang yang kita produksi sendiri, fokus ke niche market. Contoh niche market retailer ya, contohnya pet supplies, misalnya untuk pets.

Kalo menurut kalian ide yang paling menarik tuh ide yang mana? Coba ngobrol di (kolom) komentar. Dan kalo misalnya kalian udah pilih nih idenya, misal reseller atau niche market retailer, kira-kira mau jual apa?

Kalo misalnya nanti gua cek komennya dan gua ada waktu, gua bakal bales-balesin, mungkin kasih feedback untuk ide-ide kalian.

Bye-bye!

Post a Comment for "Ide Bisnis Pemula yang HARUS di coba tahun 2022"