Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration

Perubahan Drastis Harga Beras di Jawa Tengah: Naik 6,44% dalam Seminggu



Harga beras kualitas medium II di Jawa Tengah mencatatkan kenaikan yang signifikan pada Jumat, 8 Desember 2023, dengan mencapai Rp 14.050 per kilogram. Menurut Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, perubahan ini menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan wilayah lain dalam sepekan terakhir.

Berdasarkan data harian komoditas bahan pokok, harga beras kualitas medium II di Jawa Tengah mengalami kenaikan sebesar 6,44% dalam satu minggu terakhir. Meskipun demikian, jika dibandingkan dengan 30 hari sebelumnya, harga beras di wilayah ini tidak mengalami perubahan.

Dalam rentang data setahun terakhir, harga beras kualitas medium II di pasar modern Jawa Tengah sebenarnya mengalami penurunan. Rekor tertinggi sebelumnya mencapai Rp 14.100 per kilogram.

Selama periode Januari hingga Desember 2023, harga beras kualitas medium II di pasar modern Jawa Tengah mengalami tren penurunan, tetap stabil dengan perbandingan 0% dibandingkan dengan sebulan sebelumnya.

Pada Rabu, 29 November 2023, harga beras sempat mencapai titik terendah Rp 13.200 per kilogram. Sementara itu, harga tertinggi sepanjang tahun ini tercatat di kisaran Rp 14.100 per kilogram.

Secara nasional, harga beras kualitas medium II mulai turun mendekati akhir tahun 2021. Rata-rata harga beras di pasar modern mencapai Rp 14.567,74 per kilogram, mengalami penurunan sebesar 0,07% dibandingkan dengan posisi akhir pekan sebelumnya. Perubahan ini terjadi dalam konteks fluktuasi harga beras yang terus dipantau oleh masyarakat dan pelaku ekonomi.

Post a Comment for "Perubahan Drastis Harga Beras di Jawa Tengah: Naik 6,44% dalam Seminggu"

Tambnas Shopee Collaboration