Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Clutch dan Planetary Gear


Tambnas Edukasi - Clutch yang digunakan pada construction machines diklasifikasikan menjadi “spring loaded type” dan “hydraulic type”. Komponen utamanya terdiri dari disc dan plate, dimana komponen tersebut memiliki fungsi yang berbeda disesuaikan dengan aplikasi pada unit atau machines. Pada torqflow transmission tipe yang digunakan adalah tipe hidrolik.

Clutch yang digunakan pada torqflow transmisi umumnya adalah tipe multiple disc dengan posisi disc dan plate dipasang selang-seling. Disc berhubungan dengan teeth ring gear atau hub. Sedangkan plate berhubungan dengan internal teeth atau clutch housing.

Planetary gear merupakan sebuah sistem susunan roda gigi yang terdiri dari sun gear, carrier dan ring gear. Fungsi planetary tersebut adalah untuk mentransferkan tenaga yang dihasilkan dari output torque converter untuk diteruskan pada proses menambah, menurunkan maupun merubah gerak maju/ mundur unit.

Kebanyakan pemakaian dari planetary gear system terdapat pada transmission system yang mana untuk kecepatan putar dan arah putar dari input dapat diubah bervariasi dalam berbagai tingkatan pada planetary gear system. Planetary gear berdasarkan konstruksi, cara kerja dan fungsinya dibedakan menjadi dua yaitu: singgle pinion dan double pinion.

  • Planetary gear tipe single pinion memiliki satu buah sun gear, ring gear dan sepasang carrier beserta pinion. Tipe planetary single pinion biasa digunakan untuk transmisi maju, speed1, speed 2, speed 3, speed 4 maupun speed 5.
  • Planetary gear tipe double pinion memiliki satu buah sun gear, ring gear , sepasang carrier dan 2 pasang pinion. Tipe planetary single pinion biasa digunakan untuk transmisi mundur

Post a Comment for "Penjelasan Clutch dan Planetary Gear"