Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration

Tips Memperkuat Sinyal Wifi Dengan Cara Ini !!

Tambnas Teknologi - Untuk meperkuat kecepatan sinyal wifi maka terdapat sejumlah metode yang bisa diterapkan untuk memperkuat sinyal Wi-Fi dan internet. Kecepatan Wi-Fi bervariasi dari satu hari ke hari berikutnya. Bahkan, terkadang Wifi tidak pernah memberikan kecepatan yang dijanjikan oleh penyedia layanan internet (ISP).

Mungkin diantara kalian pernah merasakan pada momen yang membutuhkan WiFi cepat, akan tetapi pada saat itu WiFI lambat dan membuat pengguna kesal. Jadi untuk memperbaiki kecepatannya sebaiknya mulai dari yang dasar yaitu dengan menjalankan speed test untuk melihat jenis kecepatan internet yang dilihat di router sebelum diubah menjadi sinyal nirkabel.

Pertama bisa dengan mencoba speedtest.net atau fast.com. Jika tidak melihat setidaknya 5Mbps, mungkin mengalami masalah dengan ISP. Kecepatan 20Mbps jauh lebih umum. Tapi, kecepatan pasti akan bergantung pada ISP dan paket internet.

Jika router lulus uji speedtest, tapi Wi-Fi tetap lambat, coba dengan cara lain yaitu dengan memindah posisi router, karena mungkin perangkat ditempatkan diposisi yang buruk. Sinyal Wifi mengalami masalah saat menembus material padat dan hal-hal tertentu menghentikan sinyal.

Secara umum, tempat terbaik untuk meletakkan router Wi-Fi yakni di lokasi pusat, sehingga router mempunyai peluang terbaik untuk menjangkau ujung-ujung rumah. Tapi, jika  sangat membutuhkannya di satu bagian rumah dan mengalami masalah Wi-Fi, pertimbangkan untuk memindahkannya dekat ke tempat internet action berada. Selain itu, juga mungkin membutuhkan mesh router atau Wi-Fi repeater.

Jika firmware-nya belum diperbarui dalam waktu lama, kinerja bisa sangat lambat. Beberapa router dapat memperbarui firmware mereka secara otomatis. Jadi gunakan aplikasi seluler router atau masuk ke panel kontrolnya dan lihat apakah firmware dapat diperbarui.

Prosesnya mungkin sangat sulit jika memiliki router model lama. Jadi, periksalah panduan pengguna  untuk detail lebih lanjutnya. Beralih ke Channel yang Tidak Terlalu Padat Router mungkin memiliki beberapa saluran yang dapat dipilihnya saat menyiarkan sinyal Wi-Fi.

Jangan bingung saluran dengan pita frekuensi, ada beberapa saluran dalam pita 2.4GHz dan 5GHz. Sementara sebagian besar router default ke saluran tertentu untuk setiap band, terkadang mereka sangat padat, yang dapat memperlambat Wi-Fi Anda. 

Post a Comment for "Tips Memperkuat Sinyal Wifi Dengan Cara Ini !!"

Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration