Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration

Mengejutkan, Fakta Gunung Emas di Kongo Afrika Tengah

Lokasi Tambang Emas Provinsi Kivu Selatan, Kongo Afrika Tengah


Tambnas News - Sebuah gunung emas yang terletak di Provinsi Kivu Selatan, Kongo Afrika Tengah dilaporkan memiliki cadangan emas yang sangat banyak. Oleh karena itu, ribuan warga dari berbagai wilayah di Kongo pun berbondong-bondong ke lokasi untuk menambang emas.

Lokasi tambang emas ini memiliki beberapa fakta yang sangat menarik, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Penemuan Gunung Emas
Melansir dari Reuters, Menteri Pertambangan Kivu Selatan Venant Burume menyampaikan bahwa penemuan bijih emas terjadi pada akhir Februari 2021. Tak lama setelah penemuan itu, ribuan warga  termasuk angkatan bersenjata Kongo (FARDC) menyambangi lokasi gunung emas itu. Beberapa hari kemudian warga mulai berbondong - bondong untuk menambang emas tersebut

2. Lokasi Penemuan
Lokasi ditemukannya gunung emas tersebut terletak di desa Luhihi, Provinsi Kivu Selatan, Kongo. Melansir Unilad, Luhihi berada sekitar 50 km dari ibu kota provinsi, Bukavu.

3. Penghentian Penambangan
Otoritas Kongo menghentikan sementara aktivitas penambangan di wilayah penambangan tersebut. Surat perintah memerintahkan penambang, pedagang dan anggota angkatan bersenjata Kongo (FARDC) untuk meninggalkan lokasi tambang di dalam dan sekitar Luhihi.

Penghentian penambangan memungkinkan pihak berwenang untuk mengidentifikasi penambang dan memastikan mereka terdaftar dengan benar di administrasi pertambangan artisanal.

4. Berpotensi Menyebabkan Konflik
Emas merupakan salah satu sumber daya yang dikenal sebagai 'bahan konflik' di Kongo. Dalam sebuah penelitian, kelompok bersenjata terlibat dalam penambangan dan memaksa orang lain untuk menambang, serta memungut pajak dari para penambang.

Kelompok bersenjata juga menyelundupkan dan memperdagangkan emas dari hasil penambangan ilegal. Hasil dari penjualan emas itu kemudian digunakan untuk membeli senjata atau membayar gaji para pejuang.

Post a Comment for "Mengejutkan, Fakta Gunung Emas di Kongo Afrika Tengah"

Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration