Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration

Penjelasan Energi Alternatif Panel Surya Yang Memiliki Positif dan Negatif

Tambnas Edukasi - Saat ini muncul wacana mengurangi penggunaan energi konvensional yang mengakibatkan pemanasan global oleh karena itu Energi alternatif menjadi tren pada beberapa tahun terakhir. Energi konvensional juga merupakan energi non-renewable, energi yang dapat habis bila cadangannya habis sehingga membutuhkan enegri yang lebih sustainable dan ramah lingkungan, yakni energi alternatif. 

Dalam perkembangan Energi matahari digunakan sebagai daya utama pada panel surya. Panel surya akan mengonversi energi foton yang dikeluarkan oleh matahari menjadi listrik. Energi matahari sendiri telah banyak digunakan secara tradisional dalam menunjang kehidupan, seperti mengeringkan pakaian, media dalam proses memanen garam dari air laut, dan lain sebagainya. 

Panel surya digunakan dalam skala rumah tangga karena biaya yang relatif sangat murah dan mudah dalam perawatan. Panel surya juga dapat dipasang dengan mudah pada atap rumah sehingga akan menghasilkan listrik yang cukup untuk keperluan rumah tangga. Di samping dampak positif yang dimilik oleh panel surya, alat ini juga memiliki dampak negatif pada lingkungan yang harus diwaspadai.

Bahan yang digunakan pada panel surya akan menjadi sampah apabila alat tersebut mengalami kerusakan. Komponen dan bahan penyusun alat tersebut akan dibuang dan dapat mencemari lingkungan. Dampak negatif yang ada karena limbah ini dapat ditanggulangi dengan cara recycle namun kecenderungan orang akan lebih memilih untuk membuang barang yang sudah rusak daripada mendaur ulang. Bahan-bahan dalam panel surya, seperti polysilicon apabila telah dibuang ke lingkungan akan menghasilkan silikon tetraklorida yang bersifat racun.

Pantulan cahaya pada matahari dari panel surya berbahaya bagi makhluk hidup. Jika terdapat burung maupun serangga yang terbang di dekat panel surya tersebut maka akan mengakibatkan kematian pada makhluk hidup tersebut. Selain itu, cahaya matahari yang seharusnya diteruskan ke dalam tanah namun dipantulkan kembali ke udara sehingga lebih banyak cahaya matahari yang dipantulkan kembali daripada diserap oleh tanah.

Panel surya dapat mengurangi ketersediaan dari air tanah. Pembangkit Listrik Tenaga Surya memerlukan air yang sangat tinggu untuk pembersihan konsentrator secara rutin. Pendinginan dari turbin dan generator membutuhkan air untuk pengoperasian dan pemeliharaan panel surya jumlahnya besar. Pengambilan air tanah yang berlebihan dapat mengakibatkan kekeringan pada lingkungan sekitar. 

Post a Comment for "Penjelasan Energi Alternatif Panel Surya Yang Memiliki Positif dan Negatif "

Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration