Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration

Tips Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Tambnas Health - Beberapa faktor genetika juga dapat membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit jantung. Meski begitu, cara terbaik untuk menghindari masalah jantung adalah dengan menjaga kesehatannya.

Hal itu dibenarkan oleh salah satu direktur Pusat Kesehatan Kardiovaskular Wanita di Columbia University Irving Medical Center dan ahli jantung di New York-Presbyterian/Columbia, Jennifer Haythe. Berikut saran dokter yang bisa Anda tambahkan ke dalam rutinitas harian:

1. Olahraga hampir setiap hari dalam sepekan

Asosiasi jantung di Amerika, The American Heart Association (AHA), merekomendasikan untuk melakukan setidaknya 150 menit latihan intensitas sedang dalam satu pekan. Anda juga bisa berolahraga lebih keras untuk periode waktu yang lebih singkat, di mana AHA menyarankan durasinya adalah 75 menit satu pekan. 

"Aktivitas fisik adalah sumber awet muda, itu membuat sistem kardiovaskular Anda lebih efisien," kata dr Andersen. 

Jika berolahraga setiap hari menyulitkan, dia merekomendasikan untuk melakukan aktivitas agar detak jantung Anda naik setiap hari. Jalan kaki bisa menjadi pilihan. 

2. Temui dokter secara teratur

Pemeriksaan fisik tahunan ada karena suatu alasan. "Dokter dapat memeriksa gejala penyakit jantung dan juga memantau tekanan darah," kata dr Haythe.

Mengetahui tekanan darah sangat penting. Tidak ada gejala khusus tekanan darah tinggi, tetapi memiliki tekanan darah yang tidak terkontrol dapat menyebabkan penyakit jantung.

3. Makan banyak sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian

Konsumsi produk susu bebas lemak atau rendah lemak, ikan, unggas, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan minyak nabati. Batasi makanan yang tinggi lemak jenuh seperti daging berlemak, produk susu berlemak penuh, dan minyak tropis seperti kelapa, inti sawit, dan minyak sawit. Batasi minuman dan permen yang dimaniskan dengan gula.

Menurut Direktur Lab Katerisasi Jantung di Rumah Sakit Mount Sinai, Annapoorna Kini, membuat perubahan pola makan seperti menghindari lemak jenuh yang tidak sehat akan membantu menciptakan hidup sehat untuk jantung. 

4. Lakukan yang terbaik untuk meminimalisasi stres

Stres tak hanya bisa membebani jantung, tetapi juga bisa menyebabkan hal-hal seperti tidak aktif dan makan berlebihan yang pada akhirnya menyebabkan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Kondisi tersebut bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Dia merekomendasikan untuk menambahkan meditasi dan latihan pernapasan dalam kegiatan sehari-hari Anda.

5. Tidak Menghisap Rokok

Kebanyakan orang sekarang sadar bahwa merokok berkaitan dengan semua jenis masalah kesehatan serius. Merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan menempatkan pada risiko yang lebih tinggi untuk mengalami serangan jantung dan stroke. 

Post a Comment for "Tips Mengurangi Resiko Penyakit Jantung"

Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration