Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memuaskan Pelanggan Tanpa Membuatnya Kecewa

Mendapatkan pelanggan merupakan salah satu hal tersulit saat baru memulai bisnis. Maka dari itu memberikan perhatian lebih untuk menciptakan kepuasan dan keloyalan pelanggan itu sangat diperlukan.  Hubungan yang baik dengan pelanggan secara otomatis akan membuat pelanggan loyal, sedangkan pelanggan yang kecewa akan meninggalkan dan berpaling ke penjual lainnya. Untuk selengkapnya dapat dilihat sebagai berikut :

1. Informasi

Melayani pelanggan yang membutuhkan suatu informasi lebih rinci mengenai produk yang ingin dibeli dengan sangat baik dan cepat, sehingga pelanggan akan merasa nyaman dan diperlakukan dengan baik.  Oleh karena itu, sebagai pengusaha yang baik, maka tidak boleh memberikan ketidakpastian kepada pelanggan. Pastikan juga semua informasi tersebut valid sehingga pelanggan tidak akan merasa kecewa dan dibohongi.

2. Menepati Janji

Sangat tidak dianjurkan kepada pengusaha mengiming-imingi segudang janji untuk menarik hati pelanggan. Mulai dari janji memberikan bonus, diskon, hadiah, dan lain sebagainya. Karena apabila tidak sesuai janji maka akan membuat kecewa pelanggan dan pergi meninggalkan produk.

Untuk menghindari hal ini, cobalah untuk menyesuaikan janji yang diberikan dengan kemampuan perusahaan. Meskipun janji tersebut terlihat kecil, jika pelanggan melihat bahwa tepat janji, pelanggan akan tetap loyal dan percaya dengan perusahaan.

3. Peduli Terhadap pelanggan

Pedulilah terhadap semua pelanggan dan jangan pernah sekali pun mengabaikan pelanggan. Berikan pelayanan dengan baik dan jadikan semua pelanggan menjadi istimewa seperti raja. Dengan begitu, pelanggan akan nyaman, merasa dihargai dan tentu mereka tidak akan pernah kecewa.


4. Sikap Profesional

Pengusaha harus bersikap profesional untuk menunjang perkembangan bisnis. Meskipun bisnis yang sedang dijalankan tergolong kecil, juga harus tetap memperhatikan profesionalitas kerja dan coba mengoreksi setiap pekerjaan.

Dengan menunjukkan sikap profesionalitas, pelanggan akan merasa percaya dengan perusahaan. Bukan hanya pelanggan yang akan senang dengan sikap profesional yang diberikan. Supplier, investor, hingga karyawan juga sangat membutuhkan sikap profesional dalam menjalankan sebuah bisnis.

Post a Comment for "Memuaskan Pelanggan Tanpa Membuatnya Kecewa"