Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Menetapkan Goal Bisnis

Meneruskan tulisan saya sebelumnya Membangun Kebiasaan Sukses dan masih menjadi tahapan dalam Membangun Mental Sukses Dalam Bisnis dalam kesempatan ini saya akan membahas tentang bagaimana menetapkan goal.

Dalam langkah anda  mewujudkan kesuksesan yang anda impikan, maka tahapan ini walau sepintas terlihat seperti hal sepele namun menurut saya  hal ini tidak bisa dianggap remeh karena ini amat menentukan waktu tempuh anda dalam mewujudkan kesuksesan tersebut ibarat kendaraan dengan menetapkan goal yang benar maka akan mempercepat waktu tempuh anda dalam meraih kesuksesan jadi sepeti mesin turbo dalam sebuah kendaraan.

Langkah-langkah dalam menetapkan goal ini baiknya dilakukan secara tahapan demi tahapan tidak dengan serta merta anda menetapkan goal yang begitu jauh sehingga tidak masuk di akal.

Artinya hal ini mestilah sesuai dengan keadaan anda dan kemampuan anda saat ini karena kalaupun anda menetapkan goal yang terlalu tinggi malah akan membuat anda cepat frustasi dan akhirnya mengurangi antusiasme anda dalam mencapai goal tersebut.

Ada beberapa hal penting yang perlu di perhatikan dalam menetapkan goal anda agar goal tersebut dapat segera tercapai sehingga kesuksesan dalam hidup khususnya dalam bisnis baik bisnis online atau bisnis offline sehingga tidak akan mengurangi antusiasme anda untuk mencapainya yaitu:

Tertulis

Dalam menetapkan goal tersebut haruslah tertulis sehingga anda dapat membacanya kembali berulang-ulang dan juga sebagai bahan evaluasi anda terhadap pencapaian goal tersebut jika ada kekurangan atau ada yang harus di revisi maka anda dapat segera mengubahnya atau menambahkannya guna menyempurnakan penetapan goal anda karena ini sifatnya dinamis bisa berubah seiring perkembangan yang anda dapatkan dalam menuju pencapaian tersebut.

Spesifik

Dalam menetapkan goal anda mestilah menetapkannya secara spesifik dan lebih detail, contoh jika anda menetapkan goal ingin berpenghasilan 20 juta perbulan maka anda mesti merincinya secara spesifik penghasilan 20 juta perbulan.

Misalnya anda dapat dari tiga bisnis online anda yang masing-masingnya mendapat rata-rata empat juta perbulan, dan dari bisnis offline anda lima juta serta dari gaji anda tiga juta di perusahaan tempat anda bekerja jika anda masih bekerja offline jadi jumlahnya jelas dan spesifik darimana saja penghasilan 20 juta itu akan anda dapatkan.

Menetapkan goal yang lebih spesifik akan memudahkan anda dan alam bawah sadar anda untuk mencapainya, dan dengan sendirinya anda akan di arahkan menuju pencapaian goal anda tersebut.

Dalam kalimat positif

Dalam menetapkan goal anda haruslah dalam kalimat positif artinya jangan gunakan kalimat negatif dan asosiasikan bahwa semua goal itu telah anda dapatkan dan nyatakanlah dengan penuh antusiasme anda.

Misalnya anda menetapkan goal berpenghasilan 20 juta perbulan, anda bisa tulis

Alhamdulillah saya telah berpenghasilan 20 juta perbulan,

Atau dengan amat senang hati saya saat ini saya telah berpenghasilan 20 juta perbulan.

Baca juga artikel saya yang lain

Post a Comment for "Bagaimana Menetapkan Goal Bisnis"