Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daerah di Indonesia yang Memiliki Perkebunan Kelapa Sawit Cukup Besar


Pembangunan ekonomi di Indonesia kian berkembang karena dari hasil perkebunan kelapa sawit. Kelapa sawit ini telah diekspor ke beberapa negara di dunia seperti Cina, Spanyol, Belanda, Malaysia dan beberapa negara lainnya

Saat ini Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki penghasilan kelapa sawit terbesar, bahkan untuk tiap tahunnya Indonesia dapat memproduksi minyak sawit hingga mencapai puluhan juta ton.

Kelapa sawit merupakan tanaman hias pada awal kemunculannya yang diperkenalkan oleh pemerintahan Belanda sekitar tahun 1848.

Namun seiring berkembangnya zaman kelapa sawit semakin tersebar di seluruh wilayah di Indonesia, bahkan sampai saat ini pulau Sumatera dan Kalimantan dipenuhi dengan perkebunan kelapa sawit. Penduduk lebih menyukai kelapa sawit karena dapat memberikan keuntungan yang sangat besar bagi pendapatannya.

Pada dasarnya kelapa sawit ini ini harus ditanam di kondisi cuaca yang cukup bagus karena tanaman ini sangat bergantung pada kondisi iklim dan jenis tanahnya.

Beberapa daerah di Indonesia yang memiliki perkebunan kelapa sawit yang cukup luas di antaranya ialah sebagai berikut

1. Riau

Wilayah Riau merupakan daerah di Indonesia yang memiliki lahan sawit yang cukup besar. diperkirakan total lahan sawit di Riau ini sekitar 2.703.199 hektar.

Jumlah ini semakin membesar hingga 2021, hal ini sangat berdampak pada hasil perkebunan serta pengolahannya yang dapat mencapai puluhan ton.


2. Kalimantan Barat 

Kalimantan Barat sampai saat ini diperkirakan memiliki luas lahan kelapa sawit sekitar 2.070.272 hektar dan akan terus bertambah tiap tahunnya.


3. Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah juga menjadi salah satu daerah perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia dengan luas lahannya sekitar 2.049.790 hektar.


4. Kalimantan Timur

Provinsi ini juga memiliki lahan perkebunan kelapa sawit yang cukup besar sekitar 1.333.905 hektar.

Post a Comment for "Daerah di Indonesia yang Memiliki Perkebunan Kelapa Sawit Cukup Besar"