Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Bermain Badminton untuk Kesehatan Tubuh

Badminton yg dikenal dengan sebutan Bulu Tangkis adalah satu jenis olahraga paling terkenal dan digemari banyak warga dunia, termasuk Indonesia. Bahkan olahraga Bulu Tangkis sudah sejak lama dipertandingkan dalam banyak sekali ajang. Nah, olahraga yg sangat menyenangkan ini ternyata mempunyai manfaat buat kesehatan tubuh yang bugar.

Saat bermain badminton, otak atau pikiran kita juga bisa rileks. Ya, khususnya untuk Anda yang penat menghadapi pekerjaan atau aktivitas sehari hari yg berat, permainan Bulu Tangkis mampu menjadi solusi yg tepat untuk menjaga kesehatan fisik maupun kesehatan mental tetap pada kondisi baik.

Bahkan dari beberapa penelitian, Bulu Tangkis bisa dijadikan olahraga untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya. Mulai dari tekanan darah tinggi atau hipertensi, menurunkan tertekan, kolesterol tinggi, osteoporosis serta beberapa lainnya. Secara khusus manfaat bermain Badminton juga bisa dirasakan buat perempuan serta laki-laki yg ingin tinggi badan naik.

Bagi Anda yang menyukai olahraga Bulu Tangkis atau mungkin baru mau mencobanya, coba deh simak perpaduan manfaat bermain badminton buat kesehatan tubuh yg bugar pada bawah ini.


1. Mencegah Hipertensi

Manfaat bermain bulu tangkis yg pertama disebutkan dalam daftar ini ialah bisa mencegah hipertensi. Sebenarnya, melakukan aneka macam olahraga bisa memiliki kegunaan buat mengendalikan tekanan darah menjadi stabil, namun menariknya olahraga badminton ini mampu menyampaikan kepada kita manfaat yang jauh lebih besar buat kesehatan pembuluh darah dan Jantung.

Mengapa demikian? pada saat kita bermain bulu tangkis, maka kita diharuskan buat menggerakkan seluruh anggota bagian tubuh secara aktif. Hasilnya peredaran darah akan mengalami peningkatan serta akhirnya akan mempengaruhi keefektifan kinerja pembuluh darah serta jantung. Hal ini lah yang membuat tekanan darah menjadi lebih stabil.


2. Tubuh sebagai Lebih Bugar

Badminton termasuk ke dalam jenis olahraga kardio, yang tentu saja mampu menghasilkan otot jantung terlatih menjadi lebih kuat. Selanjutnya hal ini akan membentuk pembuluh darah secara lebih efektif mendistribusikan oksigen sekaligus nutrisi ke sistem, jaringan serta juga organ organ pada tubuh. Hasilnya Anda sendiri bisa merasakan waktu tubuh akan terasa jauh lebih bersemangat dan bugar.


3. Menurunkan Berat Badan

Anda mau menurunkan berat badan secara sehat? Olahraga adalah cara yg paling efektif. Daripada harus mengurangi porsi makan, lebih baik seimbangkan menggunakan jenis olahraga yang tepat. dalam hal ini, secara rutin berolahraga bulu tangkis akan berguna dalam membentuk sistem metabolisme tubuh semakin tinggi dengan signifikan.

Selanjutnya akan berimbas pada proses pembakaran lemak pada tubuh dengan baik sehingga bagus dalam menurunkan berat badan. Tahukah Anda, jika bermain bulu tangkis bisa membantu membakar kalori pada jumlah yg relatif banyak daripada hanya berolahraga lari atau berjalan kaki. Setidaknya ada sekitar 450 kalori buat setiap jam nya.


4. Fungsi Kognitif Otak Semakin Membaik

Tidak hanya hal hal diatas, tidak disangka kalau bermain bulu tangkis juga bisa menyampaikan manfaat dalam hal menjaga kesehatan otak loh. Bagaimana bisa? Ya, hal ini ditentukan dengan adanya peningkatan peredaran darah termasuk kebagian menuju otak.

Nah, dari syarat inilah yang menyampaikan manfaat positif bagi kinerja bagian saraf serta juga transmitte di dalamnya. Bahkan Bila kita rutin melakukan olahraga bulu tangkis bisa menghasilkan massa otak semakin meningkat.

Perhitungannya seperti ini apabila kita bermain badminton selama sekitar 30 menit saja sebesar 5 kali dalam sepekan, maka akan berpengaruh di kemampuan kognitif otak yg semakin tinggi menggunakan drastis. Anda akan mempunyai kemampuan mengingat, berfikir, berkonsentrasi bahkan memperoleh pandangan baru yang membuatnya semakin membaik.


5. Otot dan Persendian menjadi Lebih bertenaga

Seperti yg telah disinggung pada awal artikel dimana di saat kita bermain bulu tangkis, maka mengharuskan seluruh anggota tubuh buat aktif beranjak. Dengan demikian, terdapat aneka macam otot dan persendian yg aktif. Mulai pada bagian punggung, lengan, pinggul, paha, betis, bahu dan pula pinggang.

Hasilnya otot otot serta persendian tubuh akan menjadi lebih sehat serta kuat. Anda tidak perlu risau terkena persoalan kesehatan radang sendi ataupun penyakit apapun yang berkaitan Bila rutin berolahraga mirip permainan badminton.


Meskipun Badminton bukan lagi jenis olahraga baru, tetapi sejarah bulu tangkis menerangkan jika semakin banyak orang menyukai permainan olahraga yg seru dimainkan ini. Teknologi yang maju, memudahkan kita untuk bisa bermain badminton menggunakan perlengkapan yang lengkap bahkan Anda mampu menyewa lapangan Bulu Tangkis buat bermain beserta rekan rekan ataupun family. Menariknya lagi, Anda bisa menerima semua manfaat diatas.

Post a Comment for "Manfaat Bermain Badminton untuk Kesehatan Tubuh"