Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration

Tambang Rakyat Desa Anggai, Halmahera Selatan, Tetap Beroperasi sebagai Mata Pencaharian Warga Sejak 1996



Sejak tahun 1996, Tambang Rakyat Desa Anggai di Kecamatan Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, telah menjadi salah satu sumber mata pencaharian utama sebagian warga. Meskipun sederhana, tambang ini telah memberikan kontribusi signifikan terhadap ekonomi lokal.

Pada Minggu (7/1/2024), sejumlah penambang aktif menarik material dari dalam lubang tambang menggunakan katrol. Proses penambangan yang dilakukan secara manual ini memperlihatkan ketekunan dan keterampilan para penambang lokal dalam mendapatkan hasil tambang.

Tambang Rakyat Desa Anggai, yang telah beroperasi selama hampir tiga dekade, menjadi salah satu penopang ekonomi bagi masyarakat setempat. Kegiatan penambangan ini melibatkan sejumlah warga yang memilih untuk bekerja di tambang sebagai mata pencaharian mereka.

Menurut Abdul Rahman, salah satu penambang veteran yang telah terlibat sejak awal operasional tambang ini, "Tambang Rakyat Desa Anggai adalah bagian penting dari hidup kami. Selain memberikan penghasilan, tambang ini juga menjadi tempat berkumpul dan saling membantu antarwarga."

Meskipun operasionalnya sederhana dan dilakukan secara tradisional, Tambang Rakyat Desa Anggai mampu menyediakan bahan tambang yang dibutuhkan oleh industri lokal. Material yang diperoleh dari tambang ini, seperti batu split dan pasir, sering digunakan dalam proyek konstruksi di sekitar wilayah tersebut.

Pemerintah setempat juga telah memberikan dukungan terhadap keberlangsungan Tambang Rakyat Desa Anggai, dengan mengatur regulasi dan memberikan bimbingan teknis untuk memastikan kegiatan penambangan berlangsung secara aman dan berkelanjutan.

Meskipun tambang ini telah memberikan manfaat ekonomi bagi warga sekitar, perlu juga diperhatikan aspek-aspek lingkungan dan kesehatan agar keberlanjutan tambang ini tetap terjaga. Dengan demikian, Tambang Rakyat Desa Anggai diharapkan dapat terus menjadi pilar ekonomi masyarakat setempat tanpa mengorbankan lingkungan dan kesejahteraan warganya.

Post a Comment for "Tambang Rakyat Desa Anggai, Halmahera Selatan, Tetap Beroperasi sebagai Mata Pencaharian Warga Sejak 1996"

Tambnas Shopee Collaboration