Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Elektrikal System Pada Engine


Tambnas Edukasi - Elektrikal System merupakan system yang terdapat pada engine selain air intake exhaust system, cooling system, lubricating system dan fuel system. Baiklah pada saat ini kita akan membahas tentang elektrikal system diantaranya ialah sebagai berikut

Starting Motor
Fungsi dari starting motor adalah untuk memutar engine saat start awal menghidupkan engine dengan prinsip merubah energi listrik menjadi energi mekanis.

Fungsi dari safety relay adalah (penghubung) antara starting switch dan starting motor, juga berfungsi untuk :

1. Memutus dan memghubungkan terminal B dan C pada starting motor.
2. Mencegah mengalirnya arus ke starting motor jika starting switch diputar ke posisi START  sementara engine sudah hidup.
3. Secara otomatis memutus arus ke starting motor sehingga starting motor lepas (disengaged) dari fly wheel (setelah engine hidup) sementara starting switch masih posisi START.

Charging System adalah suatu system yang berfungsi mengisi battery agar full charge. Hal ini disebabkan kapasitas battery tidak mungkin digunakan secara terus-menerus.
Sistim pengisian (charging system) ini, dapat diklasifikasikan menjadi 2 (dua), yaitu :

1. Sistem pengisian dengan Alternator dan Semi Conductor Regulator.
2. Sistem pengisian dengan Alternator Brushless dan Semi Conductor Regulator.

Fungsi semi conductor regulator adalah untuk mengontrol arus penguat ke field coil (rotor coil) sehingga didapatkan tegangan yang dihasilkan alternator antara 27,5 - 29, 5 volt.

Post a Comment for "Penjelasan Elektrikal System Pada Engine "